Menjadikan Ramadhan Lebih Produktif Oleh: Hani Handayani, A. Md

Rabu 03-04-2024,12:34 WIB
Editor : Erni Susnita

Lantas bagaimana agar kita bisa bersemangat beribadah di bulan Ramadhan ini seperti para sahabat? BACA JUGA:Ramadanku Makin 'Joss': 6 Strategi Keren untuk Maksimalkan Penjualan di Bulan Puasa - Simak Selengkapnya!

Ramadhan Produktif Ramadhan bulan berlipat pahala yang Allah berikan, maka jangan bulan penuh berkah ini tidak diisi dengan hal-hal yang produktif. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Ramdhan menjadi produktif. Pertama, bangun dan perkuat akidah sebagai pertahanan untuk menaklukkan hawa nafsu.

Sebagaimana Allah berfirman: "Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena nafsu akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapatkan azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan.” ( TQS. Shad : 26). Kedua, jangan ‘tidur’ saja. Sayyidina Ali bin Abi Thalib mengingatkan kita, “Manusia itu tidur, jika mati dia terjaga”. Artinya, selama hidup manusia kadang terlena dengan kenikmatan dunia.

BACA JUGA:Simak! Ini, 5 Alasan Mengapa Menjaga Kesehatan selama Ramadan adalah Kunci untuk Puasa yang Lancar & Produktif

Seolah hidup cuman untuk bersenang-senang. Giliran ajal menghampiri, baru menyadari kalo kenikmatan dunia yang selama hidup dia kejar itu semu dan tidak berbekas untuk kebaikannya di akhirat. "Tidak ada seseorang meninggal, kecuali dia pasti menyesal,.“ sahabat bertanya: “Apa yang dia sesalkan wahai Rasulullah?” Beliau meawab: “Jika pelaku kebaikan, dia akan menyesal, mengapa dia tidak melakukan lebih banyak lagi kebaikan.

Jika dia pelaku keburukan, dia akan menyesal, mengapa dia tidak sejak awal berhenti melakukan keburukan.” (HR. Tirmidzi). Ketiga, coba renungkan, andai tahun ini Ramadhan terakhir kita. Tentu sudah terbayang ajal di depan mata. Waktu untuk bertobat dan menabung pahala tinggal menghitung hari. Apa yang akan kita lakukan?

BACA JUGA:Pepaya: Rahasia Menurunkan Gula Darah & Pencernaan Sehat saat Berbuka Puasa - Temukan Manfaatnya di Sini!

Sebagai seorang muslim, tentu bukan menghabiskan waktu bersama keluarga, menghambur-hamburkan harta, atau bersenang-senang selagi masih hidup.

Tapi justru bakal jor-joran beramal shalih selama Ramadhan. Karena, yang mengikuti mayit sampai ke kubur ada tiga.

Dua akan kembali dan satu tetap bersamanya di kubur yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. yang kembali adalah keluarga dan hartanya. sedangkan yang tetap bersamanya di kubur adalah amalnya.” (HR. Bukhari no. 6514; Muslim, no. 2960) Seyogyanya, bulan Ramadhani ini dimanfaat dengan sebaik mungkin untuk beribadah dengan mengikuti kajian on line atau offline, meluangkan waktu untuk tilawah Qur’an , menyisikan uang untuk sedekah.

BACA JUGA:Pisang: Buah Pencerna Ajaib jaga Kesehatan & Stabilisasi Gula Darah saat Puasa - Temukan Keajaibannya di Sini!

Shalat malam tidak di tinggalkan baik tarawih, tahajud , witir dan sholat lainnya. Semoga kita bisa memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan yang akan berlangsung tidak lama lagi.

Wallahu a'lam bis ash-shawab.*

Kategori :