Wow! Ini Kata Menteri UMKM: Marketplace Harus Berkontribusi pada Produk Lokal!

Kamis 16-01-2025,21:00 WIB
Reporter : Junita Sabrina
Editor : Junita Sabrina

Tantangan Marketplace dalam Mendukung Produk Lokal

Meski mendukung UMKM adalah langkah positif, marketplace juga menghadapi sejumlah tantangan dalam implementasinya. 

Salah satu tantangan terbesar adalah menyelaraskan kebutuhan konsumen dengan kebijakan mendukung produk lokal.

“Marketplace harus tetap menjaga keseimbangan antara memberikan ruang bagi produk lokal dan memenuhi preferensi konsumen, yang kadang lebih memilih produk impor karena harga atau kualitas,” ungkap seorang analis pasar digital.

Selain itu, logistik dan distribusi juga menjadi tantangan besar, terutama bagi UMKM di daerah terpencil. 

Produk lokal sering kali menghadapi biaya pengiriman yang lebih tinggi dibandingkan produk impor yang didukung oleh rantai pasok global yang efisien.

BACA JUGA:Ini dia! Dampak Penghapusan Utang bagi UMKM dan Akses Pembiayaan Baru, Cek Yuk!

BACA JUGA:Cek Yuk! Program Makan Bergizi Gratis (MBG): Inilah Langkah Strategis Pemerintah Dongkrak Ekonomi Nasional

Langkah Strategis untuk Mendukung Produk Lokal

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Menteri Maman memberikan beberapa rekomendasi:

Ruang Promosi Eksklusif

Marketplace diminta untuk menyediakan kategori khusus yang hanya menampilkan produk lokal dengan desain yang menarik untuk memikat perhatian konsumen.

Subsidi Logistik

Pemerintah bekerja sama dengan marketplace dan penyedia jasa logistik untuk memberikan subsidi pengiriman produk lokal, terutama dari daerah-daerah terpencil.

Pelatihan Berbasis Teknologi

Peningkatan literasi digital bagi pelaku UMKM melalui pelatihan tentang pengelolaan toko online, teknik pemasaran, dan penggunaan fitur marketplace.

Kategori :