Terperinci! Dampak Peringatan HUT ke-78 RI terhadap IHSG dan Saham

Kamis 17-08-2023,02:28 WIB
Editor : hellen

Terperinci! Dampak Peringatan HUT ke-78 RI terhadap IHSG dan Saham

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Pada tanggal 16 Agustus 2023, indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami pelemahan sebesar 14,56 poin atau 0,21%, menurun ke level 6.900,5.

Pergerakan IHSG ini terjadi menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Meskipun IHSG mengalami penurunan, berbagai faktor dan pergerakan saham menarik perhatian dalam sesi perdagangan tersebut.

Faktor-Faktor Penyebab Pelemahan IHSG

Penurunan IHSG pada hari tersebut terutama dipicu oleh pelemahan sejumlah indeks saham sektoral.

BACA JUGA:Navigasi Tantangan Regulasi di Pasar Saham Global: Perspektif Free Float dan Implikasinya

Beberapa sektor yang mengalami penurunan adalah sektor teknologi sebesar 1,25%, sektor material dasar sebesar 0,5%, sektor energi sebesar 0,4%, dan sektor konsumer primer sebesar 0,67%.

Penurunan ini dapat diakibatkan oleh faktor-faktor seperti fluktuasi pasar global, sentimen negatif di sektor-sektor tertentu, dan ketidakpastian ekonomi.

Namun, perlu ditekankan bahwa sektor-sektor lain seperti sektor infrastruktur, kesehatan, dan konsumer non primer justru mengalami penguatan.

Ini menunjukkan bahwa ada variasi dalam kinerja sektor-sektor yang ada di pasar saham, dan investor masih melihat peluang dalam sektor-sektor tertentu meskipun kondisi pasar secara keseluruhan menunjukkan penurunan.

BACA JUGA:Implikasi Delisting: Dampak Terhadap Citra Perusahaan dan Kepercayaan Investor

Pergerakan Saham Tertentu

Pada sesi perdagangan tersebut, beberapa saham mencatatkan penguatan yang signifikan, yang menarik perhatian para pelaku pasar.

Kategori :