Tren Investasi Saham di Tengah Gejolak, Peluang Tersembunyi di Balik Pelemahan IHSG

Rabu 13-09-2023,09:02 WIB
Editor : Dio Nidas

Tren Investasi Saham di Tengah Gejolak, Peluang Tersembunyi di Balik Pelemahan IHSG

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indonesia, pada perdagangan Rabu, 13 September 2023, berpotensi mengalami pelemahan.

Sejumlah saham telah masuk dalam daftar rekomendasi bagi para investor, termasuk UNVR, KLBF, ITMG, HMSP, PWON, ASRI, SMRA, ICBP, dan JSMR. William Surya Wijaya, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, mengungkapkan bahwa pergerakan IHSG masih menunjukkan tanda-tanda konsolidasi dengan potensi tekanan minor yang mungkin terjadi.

 

Salah satu faktor yang mempengaruhi pergerakan IHSG adalah tingginya aksi jual asing sepanjang tahun 2023.

Namun, William menyarankan bahwa peluang koreksi wajar pada IHSG masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian, mengingat bahwa dalam jangka panjang, IHSG masih berada dalam tren naik.

BACA JUGA:IHSG Diprediksi Kembali Menguji Level 7.000, Rekomendasi Saham Unggulan dari Analis Hari Ini!

William memprediksi bahwa pada hari itu, IHSG berisiko mengalami penurunan dalam kisaran antara 6.889 hingga 7.023 poin, dengan rekomendasi saham pilihannya meliputi UNVR, KLBF, ITMG, HMSP, PWON, ASRI, SMRA, ICBP, dan JSMR.

 

Pada perdagangan Selasa sebelumnya, IHSG ditutup dengan penurunan sebesar 0,42 persen ke level 6.933,96. Penurunan tersebut juga diikuti oleh saham-saham seperti ASSA, GOTO, dan BUMI.

Data dari RTI menunjukkan bahwa IHSG sempat mencapai level terendah 6.928 poin sepanjang sesi perdagangan, sementara level tertingginya berada di 6.976 poin.

Kapitalisasi pasar IHSG juga mengalami penurunan menjadi Rp10.279 triliun, dari sebelumnya Rp10.302 triliun.

BACA JUGA:Bursa Efek Indonesia (BEI) Kembali Terapkan Auto Rejection Simetris: Peluang dan Risiko Bagi Investor Saham RI

Dalam perdagangan tersebut, terdapat 245 saham yang menguat, 286 saham berakhir di zona merah, dan 222 saham stagnan.

Kategori :