Menjadikan Ramadhan Lebih Produktif Oleh: Hani Handayani, A. Md

Menjadikan Ramadhan Lebih Produktif Oleh: Hani Handayani, A. Md

-foto: Hani Handayani, A. Md-sumeksradio.disway.id

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE- “Wahai manusia, sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan yang membawa berkah, rahmat, dan maghfirah, bulan yang paling mulia di sisi Allah.

Hari-harinya adalah yang paling utama, malam-malam di bulan Ramadhan adalah yang paling utama, jam demi jamnya adalah yang paling utama.” “Lalu Amirul mukminin Ali bin Abi Thalib berdiri dan berkata: ‘Ya Rasulullah, amal apa yang paling utama di bulan ini.’ Rasul yang mulia menjawab, ‘Ya Abi Hasan, amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah Swt".

Itulah cuplikan khutbah Rasulullah Saw menjelang bulan Ramadhan yang di riwayat kan oleh Imam Ali. Ra.

Bulan Ramadan adalah bulan untuk menabung pahala, karena amalan yang dilakukan di bulan ini akan dilipat gandakan.

BACA JUGA:Politik Uang Apakah Hukumnya? Berikut Penjelasan Praktik Money Politics dalam Perspektif Islam, Perhatikan ini

Bagaimana tidak nafas akan menjadi tasbih, tidur menjadi ibadah, amalan-amalan diterima, dan doa-doa diijabah. Shalat sunah di bulan Ramadhan pahalanya seperti ibadah sholat wajib di bulan lain.

Lantas Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barang siapa yang melakukan salat fardu baginya ganjaran seperti 70 salat fardu di bulan yang lain. Barang siapa yang memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan.

BACA JUGA:Mengapa Fenomena Banjir Terjadi Hingga Tahunan? Berikut Penjelasan Tentang Solusi Tuntas Mengatasi Banjir

Barang siapa yang pada bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya sama dengan mengkhatamkan Al-Quran di bulan-bulan yang lain. Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan, maka mintalah kepada Allah agar tidak akan pernah menutupkan-Nya. Pintu-pintu neraka tertutup maka mohonkanlah kepada Allah agar tidak akan pernah dibukakan.

Setan-setan terbelenggu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar mereka tidak pernah lagi menguasai kita. Meneladani Ramadhan Para Sahabat Rasulullah dan sahabat adalah teladan dalam menjalankan kehidupan. Para sahabat menyambut Ramadhan dengan sukacita.

BACA JUGA:Tips Memilih Takjil yang Sehat untuk Buka Puasa

Seperti yang dilakukan oleh Umar bin Khattab menyalakan lampu-lampu penerang di masjid-masjid untuk ibadah dan membaca Al-Qur’an. Abdullah bin Umar RA, setiap kali berbuka, beliau selalu menyertakan orang miskin dan anak yatim. Hal lain yang dilakukan sahabat ialah tadarus al-Qur`an.

Pada momen agung ini, mereka bersungguh-sungguh dalam membaca al-Qur`an. Utsman bin Affan misalnya, menyelesaikan bacaan al-Qur`annya setiap hari sekali.

Abdullah bin Amru bin `Ash mampu mengkhatamkan al-Qur`an seharian (walaupun diperintah Rasul minimal tiga hari). BACA JUGA:Taklukan Amarahmu! Ini Tips Mengendalikan Emosi Selama Berpuasa Rasulullah dan para sahabat di bulan Ramadhan kedermawanan meningkat, dengan rajin bersedekah. Mereka melakukan demikian karena meneladani Rasulullah SAW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: