Kolesterol Tinggi: Bukan 4 tapi 3 Tanda yang Harus Diwaspadai! Ini Penjelasannya

Kolesterol Tinggi: Bukan 4 tapi 3 Tanda yang Harus Diwaspadai! Ini Penjelasannya

Kolestrol tinggi.--

Kolesterol Tinggi: Bukan 4 tapi 3 Tanda yang Harus Diwaspadai! Ini Penjelasannya

 

JAKARTA, SUMEKSRADIOnews - Kondisi kolesterol tinggi pada tubuh sering kali diabaikan, padahal pengetahuan akan tanda-tanda penting untuk diketahui.

Tanda-tanda gangguan kesehatan akibat kolesterol jahat ini terkadang tersembunyi dan sulit terdeteksi. Kadar kolesterol tinggi menunjukkan adanya peningkatan zat berlemak yang disebut kolesterol dalam darah seseorang.

Meskipun awalnya mungkin tidak menimbulkan masalah yang berarti, seiring berjalannya waktu, kondisi ini dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai masalah kesehatan serius.

Hal ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol di arteri, menyebabkan penyumbatan dan mencegah aliran darah.

Jika tidak diobati, kondisi ini dapat berujung pada keadaan darurat medis seperti serangan jantung dan stroke.

 

Sebagaimana dilansir oleh Express UK pada Minggu (9/7/2023), The British Heart Foundation (BHF) menjelaskan bahwa tanda-tanda kolesterol tinggi ini sering kali tidak diketahui karena tidak menunjukkan gejala sama sekali.

"Namun, hal ini sering kali menjadi faktor risiko tersembunyi yang dapat terjadi tanpa disadari hingga terlambat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kadar kolesterol secara teratur," jelas BHF.

Namun, dalam beberapa kasus, seseorang dapat mengidentifikasi tiga tanda atau gejala yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

 

Berikut adalah tanda atau gejala kolesterol tinggi pada tubuh yang tidak boleh diabaikan, seperti yang dijelaskan oleh BHF dan dikutip pada Minggu (9/7/2023).

  1. Tendon Xantomata Tendon xantomata adalah pembengkakan akibat kolesterol tinggi yang biasanya muncul di ujung jari tangan, lutut, atau tendon Achilles di belakang pergelangan kaki.

  2. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    Sumber: