Jangan Lupa ! Besok Gerhana Bulan Bulan Biru, Catat Jamnya.

Jangan Lupa ! Besok Gerhana Bulan Bulan Biru, Catat Jamnya.

Fenomena Gerhana Bulan Biru waktu Amerika Serikat bagian timur-Google-

Jangan Lupa ! Besok Gerhana Bulan Bulan Biru, Catat Jamnya.

 

SUMEKSRADIO.NEWS-Fenomena alam kembali terjadi di akhir bulan September. Kali ini, gerhana bulan biru 30-31 Agustus. Penasaran gerhana bulan biru seperti apa ? 

 
Para ilmuan biasa mengebut BlueMoon (bulan biru.red) yang bulan purnama ketiga dalam satu musim yang memiliki empat bulan purnama. 
 
Dikutip dari disway.id Badan Penerbangan dan antariksa Amerika Serikat (NASA) menjelaskan, bulan purnama bulan biru menjadi bulan purnama (Supermoon) terbesar dalam abad ini. 
 
Bulan biru akhir Agustus nanti akan menjadi bulan terbesar dan paling terang. Waktu Amerika Serikat bakal sama saat 30-31 Agustus nanti.
 
 
Namun di Indonesia (asia.red) bakal terjadi pagi dan siang hari. Sedangkan di Amerika terjadi malam hari mulai pukul 21.00 waktu US bagian timur.
 
Sementara itu, mengenai fase bulan ini bukan sekedar purnama biasa. Tapi juga Blue Moon yang bertepatan dengan perigee. Titik di orbit bulan yang paling dengan bumi. Saat fenomena ini terjadi, jarak bulan ke bumi 357.344 kilometer.
 
Bagi pengamat di  di bumi, bulan akan tampak sedikit lebih besar dari biasa. Tapi hanya sekedar 7 persen lebih besar. Termasuk dengan mata telanjang tanpa alat bantu. Perbedaan ukuran ini mungkin tidak akan terlihat. 
 
Begitu juga dengan Bulan biru Agustus 2023 ini bakal ditemani dilangit Saturnus.
 
Planet gas raksasa bercincin ini akan di lewati masa oposisi beberapa hari lagi.
 
 
Yakni saat planet berada tepat di seberang matahari jika dilihat dari bumi. Sehingga tampak sangat terang di langit malam.
 
Apakah gerhana bulan biru bisa terlihat di Indonesia ?. Mari kita lihat besok hari bagaimana fenomena alam ini terjadi. Meski di Amerika terjadi di malam hari.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: