Berikut Kota-Kota dengan Milliarder terbanyak di Dunia

Berikut Kota-Kota dengan Milliarder terbanyak di Dunia

Ilustrasi milliarder. net--

JAKARTA, SUMEKSRADIO.DISWAY.ID - Berikut Kota-Kota dengan Milliarder terbanyak di Dunia, Wealth X baru saja merilis laporan tahunannya terkait kota dengan populasi miliarder terbanyak di dunia pada Juni 2023.

Laporan bertajuk 'The Billionaire Census 2023' tersebut dikumpulkan melalui platform berbasis data, RelSci.

Dilansir dari CNBC Make It, secara keseluruhan Wealth X menemukan bahwa kota-kota yang masuk ke dalam daftar 'The Billionaire Census 2023' adalah rumah bagi sekitar 29% miliarder pada 2022.

BACA JUGA:Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Ditipu

Menurut data Wealth X, populasi miliarder global mengalami penurunan sebesar 3,5% menjadi 3.194 orang.

Selain itu, total kekayaan bersih miliarder pada 2022 turun sebanyak 5,5% alias menjadi US$11,1 triliun atau sekitar Rp164,9 kuadriliun (asumsi kurs Rp14.864/US$).

"2022 adalah tahun yang ekstrem karena respons pasar kekayaan terhadap penurunan pandemi global, perang Rusia dan Ukraina, inflasi, dan siklus baru pengetatan moneter," tulis laporan 'The Billionaire Census 2023', dikutip Senin (12/6/2023).

BACA JUGA:Memilih Tabir Surya dan Tips Pemakaian yang Tepat untuk Mencegah Kanker Kulit

Berikut 10 Kota dengan Miliarder Terbanyak di Dunia

1. New York, Amerika Serikat
2. Hong Kong
3. San Francisco, Amerika Serikat
4. Moscow, Rusia
5. London, Inggris
6. Beijing, China
7. Los Angeles, Amerika Serikat
8. Singapura
9. Shenzhen, China
10. Mumbai, India

New York menduduki puncak daftar dengan total 136 miliarder pada 2022. Meskipun kehilangan dua sosok miliarder dari 2021 hingga 2022, New York masih menjadi kota dengan total miliarder terbanyak.

Menurut laporan tersebut, New York adalah rumah bagi pasar saham di dunia, yakni New York Stock Exchange dan Nasdaq.

Selain itu, kota ini juga dianggap sebagai ekonomi regional terbesar di Amerika Serikat (AS).

Serupa dengan New York, Hong Kong juga dilaporkan mengalami penurunan jumlah miliarder, yakni menjadi 112 dari 114 orang.

Menurut laporan Wealth X, meskipun portofolio kekayaan di Hong Kong kurang terpengaruh oleh fluktuasi ekonomi global, perkembangan politik yang terpecah di wilayah tersebut menarik perharian para miliarder untuk memindahkan bisnis non-keuangan mereka ke sana.

Menurut survei ECA Internasional, Hong Kong juga dianggap sebagai salah satu lokasi termahal bagi ekspatriat di dunia.

Sementara itu peringkat ketiga, San Francisco, mengalami pertumbuhan sebanyak 68 persen dalam populasi individu berpenghasilan tinggi dari 2012 hingga 2022.

Selama sepuluh tahun terakhir, San Francisco identik dengan 'rumah' perusahaan besar, Silicon Valley dan merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di AS pada 2022.

Selain itu, pusat teknologi juga dimulai di bagian selatan Wilayah Teluk San Francisco dan mencakup kota-kota lain, seperti San Mateo, Santa Clara, San Jose, Palo Alto, Cupertino, dan Mountain View. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: