Selain Kopi, Minuman Ini Aman dan Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Selain Kopi, Minuman Ini Aman dan Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

kopi. net--

DIABETES TIPE 2, SUMEKSRADIO.DISWAY.ID - Penderita diabetes tipe 2 perlu berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut adalah minuman yang baik dan aman untuk diminum oleh penderita diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 adalah salah satu penyakit yang umum dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai informasi, menurut Health Match, penderita diabetes tipe 2 mengalami penurunan sensitivitas insulin dalam jaringan tubuh dan gangguan fungsi sel penghasil insulin di pankreas.

BACA JUGA:Ternyata Bumbu Dapur yang rasanya asam ini dapat Mengontrol Gula Darah dan Diabetes

Hal ini mengakibatkan tubuh tidak dapat mengolah glukosa menjadi energi.

Oleh karena itu, penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Minum minuman yang tepat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko komplikasi yang disebabkan oleh diabetes yang tidak terkontrol, seperti:

Gangguan penglihatanmati rasa pada anggota tubuh, masalah ginjal, stroke, serangan jantung, gangguan pendengaran, dan demensia.

BACA JUGA:Jika Kalian Ingin Mengurangi Risiko Terkena Diabetes di Kemudian Hari Hindari 5 Makanan ini

Berikut ini adalah jenis minuman yang baik dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2:

    - Air putih
    Minum air yang cukup dapat membantu menghilangkan kelebihan glukosa melalui urine. Penderita diabetes tipe 2 yang minum air yang cukup setiap hari dapat meningkatkan pengaturan gula darah secara signifikan dan membantu mengelola penyakit.

    - Jus tomat
    Penelitian menunjukkan bahwa jus tomat dapat membantu mencegah masalah jantung pada penderita diabetes tipe 2 karena sifatnya sebagai pengencer darah.

Ekstrak jus tomat terbukti dapat meningkatkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat, yang berdampak positif dalam mencegah komplikasi kardiovaskular pada penderita diabetes tipe 2.

    - Teh herbal
    Teh herbal memiliki kandungan karbohidrat, kalori, dan gula yang rendah. Selain itu, teh herbal mengandung antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan bagi penderita diabetes tipe 2. Beberapa jenis teh herbal yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 antara lain teh hijau, delima, jahe, kunyit, dan kayu manis.

    - Kopi
    Kopi memiliki manfaat meningkatkan produksi dan fungsi insulin.

Kandungan kafein, asam klorogenat, dan magnesium dalam kopi terbukti dapat meningkatkan fungsi sel penghasil insulin di pankreas.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi secangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sekitar 11%. Namun, penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk mengonsumsi kopi tanpa tambahan susu, krim, atau gula, karena bahan tambahan tersebut dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

    - Kombucha
    Kombucha adalah teh fermentasi yang terbuat dari teh hitam atau hijau. Kombucha mengandung probiotik tinggi yang membantu mengontrol gula darah.

Penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk memilih minuman-minuman tersebut dalam pengaturan diet sehari-hari mereka.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah pola makan atau mengonsumsi minuman baru sebagai bagian dari pengelolaan diabetes. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: