Sudah Dibayar Galo! Warga Palembang Naik LRT Gratis Khusus Hari Ini, Merayakan HUT ke-1.340 Kota Palembang

Sudah Dibayar Galo! Warga Palembang Naik LRT Gratis Khusus Hari Ini, Merayakan HUT ke-1.340 Kota Palembang

Dalam rangka mempringati hut kota palembang, LRT akan di griatiskan 1 hari pada 17/6/2023. net--

Sudah Dibayar Galo! Warga Palembang Naik LRT Gratis Khusus Hari Ini, Merayakan HUT ke-1.340 Kota Palembang

SUMEKSRADIO.disway.id - Aida Suryanti, Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang, mengumumkan bahwa perayaan ulang tahun Kota Palembang yang ke-1.340 menjadi momen penting untuk mempromosikan penggunaan transportasi umum.

Oleh karena itu, hari ini tiket LRT Sumsel akan diberikan secara gratis kepada masyarakat, sehingga mereka dapat menikmati perjalanan menggunakan transportasi umum ini.

BACA JUGA:17 Juni 2023, Warga Palembang bisa Dapat tiket LRT gratis Lho, Berikut cara mendapatkannya

Dalam rangka merayakan HUT ke-1.340 Kota Palembang pada Sabtu (17/6/2023) hari ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel (BPKARSS) memutuskan untuk menggratiskan tarif LRT Sumsel selama satu hari.

"Aksi promosi ini adalah bentuk partisipasi PT KAI sebagai operator LRT bersama BPKARSS dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam merayakan ulang tahun Kota Palembang," ujar Aida.

Meskipun tarif LRT Sumsel gratis, Aida menjelaskan bahwa masyarakat tetap perlu memiliki tiket QR atau tiket manual dengan nilai nominal Rp0 yang dapat diperoleh di loket 13 stasiun LRT pada hari itu.

"Namun, jika penumpang menggunakan kartu uang elektronik, akan dikenakan biaya sebesar Rp1 karena jumlah tersebut akan langsung dan otomatis terpotong melalui sistem elektronik saat penumpang melakukan tap di gerbang.

Pada hari pelaksanaannya, petugas di stasiun akan memberikan petunjuk kepada penumpang untuk menggunakan tiket QR atau manual agar mereka dapat menikmati perjalanan LRT Sumsel dengan tiket senilai Rp0," tambahnya.

Aida menjelaskan bahwa LRT Sumsel beroperasi dengan 94 perjalanan setiap hari, mulai pukul 05.06 hingga 20.43 WIB, dengan jarak antara kereta (headway) sekitar 17 menit.

BACA JUGA:Berikut 10 Daftar Kota Terbesar Indonesia, Palembang Posisi Keenam, urutan Berapa Kotamu?

Tarif tiket LRT adalah Rp5.000 untuk perjalanan dari dan menuju stasiun non-stasiun bandara, dan Rp10.000 untuk perjalanan dari dan menuju stasiun bandara.

Selama periode 1 Januari hingga 31 Mei 2023, jumlah penumpang LRT mencapai 1.555.692 orang, dengan rata-rata harian sekitar 10.303 penumpang dan rata-rata bulanan sekitar 311.150 penumpang.

Selain itu, Aida menyampaikan bahwa untuk mendukung konektivitas LRT Sumsel dan memudahkan akses bagi masyarakat, terdapat tujuh koridor feeder LRT Musi Emas yang akan terus ditambahkan secara bertahap.

Koridor-koridor tersebut meliputi Stasiun LRT Polresta - melalui kompleks OPI, Stasiun RSUD - melalui Sukawinatan, Stasiun LRT Asrama Haji - melalui Talang Betutu, Stasiun DJKA - melalui Terminal Pasar Plaju, Kamboja - Bukit Siguntang melalui Stasiun LRT Demang, Talang Kelapa - Talang Buruk melalui Asrama Haji, dan Asrama Haji - Sematang Borang melalui Jalan Nurdin Panji.

BACA JUGA:Inilah 3 tempat wisata yang sedang populer di Palembang, diminati oleh para anak muda

"Kehadiran koridor feeder LRT Musi Emas ini merupakan salah satu upaya untuk menjawab kebutuhan angkutan pengumpan (feeder) bagi masyarakat pengguna LRT," kata Aida. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: