Ini Adalah 6 Hal yang Memperlambat Ponsel Android

Ini Adalah 6 Hal yang Memperlambat Ponsel Android

Ilustrasi Ponsen Android Lemot. (net)--

Sumeksradio- Karena lamanya penggunaan ponsel Android, seringkali menjadi "lemot" atau lambat. Hal ini terjadi karena beberapa faktor.

Masalahnya adalah pengguna mungkin tidak menyadari faktor-faktor yang memperlambat smartphone Android. Itu sebabnya pengguna sering mempertimbangkan untuk membeli ponsel baru.

BACA JUGA:Twitter Meluncurkan Fitur Pengecekan fakta untuk Gambar dan Video

Atau pengguna tetap menggunakan smartphone meski dalam kondisi kurang optimal.

Faktanya, ada beberapa faktor yang mungkin tidak disadari oleh pengguna yang membuat ponsel Android menjadi lebih lambat.

1. Mengabaikan pembaruan perangkat lunak
 
Kesalahan pertama yang sering dilakukan pengguna ponsel Android adalah mengabaikan update software. Terkadang pengguna mengabaikan pembaruan karena prosesnya memakan banyak waktu.

Faktanya, vendor biasanya merilis bug, patch keamanan, dan meningkatkan kinerja ponsel melalui pembaruan perangkat lunak.

Peringatan pembaruan perangkat lunak muncul sebagai pemberitahuan pop-up. Jika tidak ditampilkan, pengguna dapat memeriksanya secara manual dengan masuk ke "Settings" > "Software Update" > "Download and Install".
 
 2. Terlalu banyak program yang berjalan di background
 
Semakin lama pengguna memiliki smartphone, semakin banyak pula aplikasi yang dimilikinya. Ini menjadi masalah ketika beberapa program yang diinstal berjalan di latar belakang secara bersamaan.

Ini memengaruhi kapasitas baterai dan memori, sehingga mengurangi kinerja perangkat. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memeriksa aplikasi mana yang aktif dan kemudian menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan.

Pengguna dapat melakukan ini dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi (bergantung pada versi Android). Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan dan pilih "Paksa Berhenti". Ada juga opsi untuk "Hapus" jika pengguna belum menggunakannya.

3. Penghapusan melalui perangkat
 
Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Hal ini juga berlaku untuk widget smartphone yang berguna untuk memberikan informasi secara cepat, seperti widget jam dan cuaca. Karena ini tidak baik, pengguna perlu membatasi beberapa perangkat mereka untuk meningkatkan kinerja ponsel mereka.

Untuk melakukan ini, pengguna harus pergi ke layar beranda (home screen), pilih dan tekan widget yang ingin Anda hapus, lalu seret ke ikon "Hapus" atau "Sampah".

4. Gudang penuh
 
Jika ruang penyimpanan penuh, pengguna tidak akan dapat mengunduh pembaruan perangkat lunak tersebut. Kinerja perangkat juga lambat.

Dalam hal ini, pemilik ponsel Android harus sering memeriksa ruang penyimpanan yang tersisa dan memastikan tidak pernah penuh. Anda dapat melakukannya dengan membuka menu "Pengaturan" >

"Manajemen perangkat/Pemeliharaan perangkat/penyimpanan". Di sini, pengguna dapat melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang telah digunakan dan berapa yang tersisa.

Untuk kenyamanan, pengguna dapat menambah ruang memori dengan kartu microSD. Gunakan juga penyimpanan cloud online seperti Google Drive.
 
5. Unduh Aplikasi dari Sumber Tidak Resmi

Toko aplikasi Google Play Store adalah sumber paling tepercaya untuk mengunduh aplikasi atau game. Pasalnya, toko digital memiliki aturan ketat untuk memastikan semua aplikasi bebas dari perangkat lunak berbahaya (malware).

Hal ini tentu saja berbeda dengan sumber pihak ketiga yang keamanannya tidak terjamin. Dengan mengunduh dari sumber yang tidak diketahui, ada kemungkinan pengguna juga akan mendapatkan malware yang dapat memperlambat kinerja ponsel.

Oleh karena itu, pengguna harus menghapus program yang diunduh dari sumber tidak resmi. Untuk melakukannya, buka "Pengaturan"> "Aplikasi" lalu pilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Ketuk "Uninstall" dan kemudian "OK" untuk mengonfirmasi.

6. Biarkan cache aplikasi dibuat
 
Data cache adalah data yang menyertakan gambar, file, dan skrip dari situs web atau aplikasi yang disimpan secara otomatis di perangkat Anda. Tujuan dari cache adalah untuk mempercepat proses saat pengguna berada di aplikasi atau situs web.

Seiring waktu, data yang disimpan ini dapat berkembang ke titik di mana data menjadi rusak (corrupted). Akibatnya, aplikasi macet dan melambat. Oleh karena itu, cache harus dibersihkan secara berkala. Untuk melakukannya, buka "Pengaturan"> "Aplikasi".

Kemudian pilih aplikasi yang menyimpan banyak cache, seperti Chrome atau YouTube, dan pilih menu "Storage and cache". Terakhir, pilih tombol "Kosongkan cache".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: