Peringati Hari Rabies, UPT Puskes Sembawa Vaksin Massal Hewan

Peringati Hari Rabies, UPT Puskes Sembawa Vaksin Massal Hewan

Vaksin massal hewan -Foto-

Peringati Hari Rabies, UPT Puskes Sembawa Vaksin Massal Hewan

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE- Memperingati Hari Rabies Se-Dunia, Pj. Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH, diwakili oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin, Edil Fitriadi, SP., M.Si.

Turut serta dalam kegiatan vaksinasi massal rabies yang diadakan di UPT Puskeswan Sembawa, Kecamatan Sembawa, pada Sabtu (7/10).

Kegiatan ini juga diikutsertakan dalam Rekor Muri oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI.

Peringatan Hari Rabies Se-Dunia ini memfokuskan pada UPT Puskeswan Sembawa, di mana vaksinasi rabies secara gratis dilakukan oleh tim Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Selain memberikan vaksin pada hewan peliharaan, juga dilakukan pemeriksaan sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit rabies.

BACA JUGA:Kebakaran Di Talang Keramat, Karhutla Makin Meluas!

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Banyuasin yang diwakili oleh Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin menekankan pentingnya pendekatan "one health" dalam penanggulangan penyakit rabies.

Ini melibatkan kerjasama lintas sektor, termasuk kesehatan manusia, kesehatan hewan, dan kesehatan lingkungan, serta partisipasi aktif masyarakat.

"Dengan strategi utama penerapan kebersihan lingkungan, pengebalan hewan peliharaan, vaksinasi berkala, serta pelaporan gejala adanya hewan terjangkit di sekitar kita, marilah kita bekerja sama untuk mencegah penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Banyuasin dan sekitarnya," ujar Kadis Perkebunan dan Peternakan.

Rabies adalah penyakit infeksius yang disebabkan oleh virus rabies.

Virus ini biasanya ditularkan melalui gigitan atau kontak langsung dengan saliva hewan yang terinfeksi, seperti anjing, kucing, kelelawar, dan hewan liar lainnya.

BACA JUGA:Penderita Penyakit ISPA Semakin Membeludak Akibat Krisis Kabut Asap! Langkah Apa Yang Diambil Pemerintah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: