Bongkar! Sejarah & Budaya Suku Minangkabau Sumatera Barat: Asal Usul dan Keunikannya, Anda Minang? Jelajahi!

Bongkar! Sejarah & Budaya Suku Minangkabau Sumatera Barat: Asal Usul dan Keunikannya, Anda Minang? Jelajahi!

Sejarah & Budaya Suku Minangkabau Sumatera Barat-Foto: google/net-

Di wilayah lain, seperti Solok Selatan, terdapat pecahan suku seperti Koto Kaciak 4 Paruaik, Koto Tigo Ibu, Koto Sungai Guruah, Koto Gantiang, Koto Tibalai, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Jejak Sejarah di Balik Nama Desa Pelajau Ilir Banyuasin, Tersimpan Keunikan dan Tradisi Lokal yang kaya !

  • Suku Piliang

Suku Piliang adalah salah satu suku induk yang berkerabat dengan suku Koto dan membentuk Adat Ketumanggungan yang terkenal dengan Lareh Koto Piliang.

Seperti suku Koto, suku Piliang juga mengalami pemekaran menjadi banyak pecahan suku, termasuk Piliang Guci, Piliang Sani, Piliang Baruah, Piliang Bongsu, dan sebagainya.

Di bawah payung suku Koto-Piliang, terdapat banyak suku lain yang bernaung, seperti Suku Tanjung, Suku Guci, Suku Sikumbang, dan lainnya.

  • Suku Bodi

Suku Bodi adalah salah satu suku dalam kelompok etnis Minangkabau, yang juga merupakan sekutu Suku Caniago Adat Perpatih atau Lareh Bodi Caniago.

Suku ini tidak tersebar sebanyak suku-suku lainnya dalam kelompok Minangkabau, lebih banyak terdapat di Kabupaten Tanah Datar.

BACA JUGA:Keker! Jejak Kepemimpinan Awal Musi Ilir-Banyuasin: Sosok Penting di Balik Pembentukan Arah & Visi, Simak Yuk!

  • Suku Caniago

Suku Caniago adalah salah satu suku asal yang dibawa oleh Datuk Perpatih Nan Sebatang, yang merupakan salah satu induk suku di Minangkabau selain suku Piliang.

Suku Caniago memiliki falsafah hidup yang demokratis, dengan menjunjung tinggi falsafah "bulek aia dek pambuluah, bulek kato dek mufakat," yang berarti bahwa semua keputusan yang akan diambil harus melalui proses musyawarah untuk mencapai mufakat.

  • Suku Tanjung

Suku Tanjung merupakan subsuku dari Suku Minangkabau yang mengalami perkembangan populasi yang cukup pesat.

Suku ini tersebar hampir di seluruh wilayah Minangkabau dan perantauannya.

Suku Tanjung juga mengalami pemekaran menjadi beberapa pecahan suku, termasuk Tanjung Pisang, Tanjung Simabua, Tanjung Guci, dan lainnya.

Suku Tanjung memiliki sekutu, seperti Suku Guci, Suku Sikumbang, Suku Koto, Suku Piliang, dan Suku Sipisang.

BACA JUGA:WOW! Jejak Pembentukan Musi Ilir-Banyuasin: Kisah Lahirnya Daerah Muba & Perjalanan Epik menuju Ibukota Sekayu

  • Suku Guci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: