Gunung Anak Krakatau Naik Status Level 3, Nelayan Jangan Mendekat!

Gunung Anak Krakatau Naik Status Level 3, Nelayan Jangan Mendekat!

Siaga! Level 3 Erupsi Anak Gunung Krakatau-foto-

Gunung Anak Krakatau Naik Status Level 3, Nelayan Jangan Mendekat!

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE- Polri melalui Kepolisian Daerah Banten memberikan imbauan kepada masyarakat di wilayah pesisir terkait peningkatan status Gunung Anak Krakatau (GAkK).

Hasil pantauan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menunjukkan adanya aktivitas GAK pada Selasa (5/12) pukul 04.38 WIB.

Menurut informasi PVMBG, aktivitas Gunung Anak Krakatau terrekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 63 mm dan durasi sekitar 41 detik.

Akibatnya, Gunung Anak Krakatau kini berada pada level III siaga.

BACA JUGA:Gunung Dua Saudara di Bitung Sulawesi Utara, Keindahan Alam yang Memukau dan Menarik di Indonesia !

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol. Didik Hariyanto S.I.K., pada Rabu (6/12), mengimbau warga di pesisir, khususnya nelayan, untuk tidak mendekati gunung dengan radius lima kilometer.

Imbauan tersebut disampaikan sebagai langkah pencegahan mengingat potensi bahaya yang dapat timbul akibat erupsi Gunung Anak Krakatau.

Meskipun belum terjadi erupsi, peningkatan status menjadi level III siaga memerlukan kewaspadaan ekstra dari masyarakat.

Pentingnya imbauan ini terutama untuk keselamatan nelayan yang beraktivitas di sekitar perairan Selat Sunda. Dengan menjaga jarak aman, diharapkan risiko terpapar bahaya erupsi dapat diminimalkan.

BACA JUGA:Sejarah Letusan Gunung Anak Krakatau tahun 1883, Peristiwa yang Mencengangkan di 140 tahun lalu !

Keputusan Polri untuk memberikan imbauan ini sejalan dengan peran kepolisian dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat.

Perlu diingat bahwa Gunung Anak Krakatau memiliki sejarah aktivitas vulkanik yang signifikan, terutama setelah letusan besar pada tahun 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: