Review Emas 2023 & Outlook Emas Dunia 2024 Mendatang.

Review Emas 2023 & Outlook Emas Dunia 2024 Mendatang.

Logam Mulia : Salah satu logam mulia di Bumi Emas menjadi hangat untuk diperbincangkan. Mulai dari harga, fruktuasi naik turun, sentimen pasar, hingga daya beli setiap kelas masyarakat -Foto.net-

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE-Dunia keuangan 2023 alami kebijakan moneter ketat di banyak negara dalam rangka mengkontrol larinya inflasi. Spekulasi meningkat saat ini siklus pengetatan moneter sudah mendekati akhir. Apabila spekulasi ini ternyata benar, pertanyaannya kapankah bank sentral – bank sentral mulai berputar ke skenario lebih bullish.

 

Berikut, sumekradionews.online coba merangkum lingkungan makro ekonomi agar mendikte seberapa performa metal berharga seperti emas erat berhubungan dengan dolar AS karena harga emas diperdagangkan dalam dolar AS.

BACA JUGA:Melonjak ke Langit, Harga Emas Antam Terjun Bebas ke Rp1,10 Juta per Gram!

Setelah naik ke puncak di level $1,903 tahun 2021lalu, harga emas merosot ke sekitar $1,840 pada 19 Januari 2022 dan sejak itu harga emas terus berada di bawah tekanan jual yang kuat terus menerus.

 

Kombinasi dari naiknya yields obligasi treasury AS, tingkat bunga kunci Federal Reserve AS, membumbungnya indeks dolar AS dan meningkatnya ketegangan geopolitik menjadi elemen bearish yang mendorong turun harga emas.

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana emas memasuki tahun baru di bawah tekanan turun, pada tahun 2024 yang akan datang kelihatannya emas akan memulai tahun yang baru dengan kondisi yang prima, karena menjelang akhir tahun 2023 ini, emas telah berhasil membalikkan tekanan turun menjadi dorongan naik.

BACA JUGA:realme 12.12 Menggelegar! Raih Perangkat Impian Anda dengan Harga Menakjubkan yang Tak Tertandingi!

Faktor – Faktor Pendorong Harga Emas 2023

 

Emas memulai tahun baru pada awal bulan Januari tahun 2023 dengan permulaan yang sulit dengan harga masih di sekitar $1,800 an, namun harga emas berhasil melonjak naik sekitar $150, dari $1,830 pada tanggal 13 Maret 2023 ke atas $2,000, hampir memecahkan rekor,  pada bulan Mei 2023, yang disebabkan oleh karena berbagai faktor:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: