Depresi Mayor! Mengenali, Menangani, dan Menyembuhkan

Depresi Mayor! Mengenali, Menangani, dan Menyembuhkan

Gangguan Depresi Mayor (Major Depressive Disorder) merupakan suatu kondisi kejiwaan dengan berbagai penyebab yang kompleks. (sumeksradionews. net)--

 

Gejala Gangguan Depresi Mayor

Gejala yang ditandai oleh Gangguan Depresi Mayor antara lain:

 

  • Perasaan depresi (rasa terpuruk)
  • Anhedonia (kehilangan minat atau kegembiraan)
  • Perubahan fungsi kognitif
  • Perubahan pola tidur
  • Perubahan nafsu makan
  • Rasa bersalah

 

Gangguan ini mempengaruhi individu secara emosional, fisiologis, kognitif, dan perilaku. Akibatnya, terjadi perubahan pada pola dan respons yang biasanya dilakukan.

 

Pengobatan Gangguan Depresi Mayor

Perawatan untuk depresi dapat melibatkan salah satu atau kombinasi dari hal-hal berikut:

 

  1. Terapi Obat: Antidepresan bekerja dengan mempengaruhi zat kimia otak. Perlu diketahui bahwa efek obat ini membutuhkan waktu 4 hingga 6 minggu untuk mencapai efek penuh. Penting untuk tetap mengonsumsi obat, meskipun awalnya mungkin tampak tidak efektif.

  2. Terapi Psikologis: Terapi perilaku kognitif dan/atau interpersonal merupakan metode yang umum digunakan. Terapi ini berfokus pada mengubah pola pikir negatif tentang diri sendiri dan situasi, meningkatkan hubungan interpersonal, serta mengidentifikasi dan mengelola penyebab stres dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Electroconvulsive Therapy (ECT): Terapi ini dapat digunakan untuk mengobati depresi berat yang membahayakan jiwa dan tidak responsif terhadap pengobatan obat. Dalam terapi ini, arus listrik lembut dialirkan melalui otak untuk memicu kejang singkat. Meskipun alasan pasti mengapa terapi ini efektif belum sepenuhnya dipahami, namun kejang tersebut membantu mengembalikan keseimbangan zat kimia di otak dan meredakan gejala depresi.

BACA JUGA:Gatal Kulit bisa jadi Gejala Diabetes atau Pra Diabetes Harus Diwaspadai! Kenali Diabetes Tipe 2 Lebih Jauh

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: