Sensor Kamera vs. Lensa: Apa yang Membuat Perbedaan?

Sabtu 14-09-2024,15:00 WIB
Reporter : Junita Sabrina
Editor : Junita Sabrina

Bagaimana Sensor dan Lensa Bekerja Bersama

Kombinasi Sensor Besar dan Lensa Berkualitas

Pada kamera mirrorless, kombinasi antara sensor besar dan lensa berkualitas tinggi adalah resep untuk foto potret yang menakjubkan. 

Sensor besar menangkap lebih banyak cahaya dan detail, sementara lensa yang baik memastikan cahaya tersebut diarahkan dengan benar ke sensor untuk menghasilkan gambar yang tajam, dengan kontras yang baik dan warna yang akurat.

BACA JUGA:Jangan Khawatir Lagi soal Baterai: Redmi Note 13 Pro+ 5G Siap Mendukung Setiap Momen Fotografi Anda

BACA JUGA:Perbandingan Mode Potret Redmi Note 13 Pro+ 5G dan Kamera Mirrorless

Sebagai contoh, lensa dengan focal length 50mm pada sensor full-frame akan memberikan tampilan perspektif alami yang sering diinginkan dalam potret. 

Ditambah dengan aperture lebar seperti f/1.4, lensa ini dapat menciptakan efek bokeh yang sangat halus, menonjolkan subjek dari latar belakang.

Teknologi Smartphone: Peran Pemrosesan AI

Smartphone, meskipun memiliki keterbatasan dalam hal ukuran sensor dan lensa, kini dilengkapi dengan teknologi pemrosesan gambar yang canggih. 

AI dalam kamera smartphone mampu melakukan banyak penyesuaian secara otomatis, seperti meningkatkan detail wajah, menciptakan efek bokeh buatan, dan meningkatkan kecerahan dalam kondisi cahaya rendah.

BACA JUGA:Jangan Khawatir Lagi soal Baterai: Redmi Note 13 Pro+ 5G Siap Mendukung Setiap Momen Fotografi Anda

BACA JUGA:Perbandingan Hasil Jepretan Mode Profesional Redmi Note 13 Pro+ 5G vs Kamera Mirrorless

Meskipun hasil dari pemrosesan AI ini tidak selalu sebanding dengan kamera mirrorless, teknologi ini telah membuat smartphone lebih mampu dalam menghasilkan potret berkualitas tinggi dengan cara yang cepat dan mudah.

Kapan Harus Memilih Kamera Mirrorless dan Kapan Smartphone?

Kamera Mirrorless untuk Fotografi Serius

Kategori :