Transformasi Lahan Sempit Menjadi Hunian Estetis dan Fungsional di Kelapa Gading

Kamis 03-10-2024,16:00 WIB
Reporter : Nuri Fransisca
Editor : Nuri Fransisca

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Membangun rumah di atas lahan yang terbatas sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang.

Namun, tantangan ini bukanlah penghalang untuk menciptakan hunian yang nyaman, lapang, dan estetis, bahkan pada lahan sempit sekalipun.

Salah satu contohnya adalah sebuah rumah di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang berdiri di atas lahan seluas 90 meter persegi.

Dengan dimensi hanya 6x15 meter, rumah ini berhasil didesain sedemikian rupa agar mampu memenuhi kebutuhan penghuninya tanpa mengorbankan kenyamanan dan keindahan.

Menurut Yodi, arsitek yang mendesain rumah tersebut, kunci utama dalam menyiasati lahan sempit adalah dengan mengoptimalkan desain yang simpel namun fungsional.

BACA JUGA:Kesalahan Menata Tempat Tidur yang Sering Dilakukan dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Mengapa Rumah Tak Dihuni Cepat Rusak? Apa Ada Yang Salah Dengan Perawatannya?? Ini

Penjelasannya

Kita bikin desain yang simple, tapi bisa menyelesaikan banyak hal. Nggak harus minimalis, yang penting sesuai kebutuhan, ujar Yodi.

Menjawab Tantangan Desain

Yodi mengungkapkan bahwa dalam mendesain rumah ini, ia selalu berusaha memahami kebutuhan pemilik rumah dan apa yang ingin dicapai dari bentuk-bentuk arsitektural yang digunakan.

Saya coba gali apa yang mereka mau dari bentuk-bentuk itu dengan cara yang sederhana.

Kalau bisa, menyelesaikan masalah dari cara paling sederhana, katanya.

Dengan luas yang terbatas, Yodi berhasil merancang rumah ini dengan memanfaatkan setiap ruang yang tersedia secara maksimal.

BACA JUGA:Sewa atau Beli Rumah: Pilihan yang Tepat untuk Masa Depan Anda?

Kategori :