Kini, pelanggan Cokelat Ndalem tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga dari berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, hingga Australia.
Keberhasilan ini tidak terlepas dari strategi bisnis yang mengutamakan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi.
“Inovasi tidak selalu berarti menciptakan produk baru, tetapi bisa berupa penyesuaian agar produk yang ada lebih sesuai dengan kebutuhan pasar.
Selain itu, kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi kunci untuk memperluas jangkauan dan memperkuat bisnis,” jelas Meika.
Kolaborasi ini termasuk kemitraan dengan berbagai komunitas bisnis dan pemanfaatan platform digital untuk memasarkan produk ke berbagai negara.
BACA JUGA:BRI dan Blue Bird Perkuat Kolaborasi untuk Hadirkan Solusi Keuangan Digital bagi Pengemudi
BACA JUGA:UMKM Serbu Pegadaian untuk Tambah Modal Jelang Lebaran: Tren Meningkat Tajam!
Dengan memanfaatkan teknologi dan jejaring global, Cokelat Ndalem berhasil memperkuat eksistensinya sebagai salah satu merek cokelat lokal yang mampu bersaing di kancah internasional.
Dukungan BRI: Kunci Kesuksesan UMKM untuk Naik Kelas
Keberhasilan Cokelat Ndalem tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk BRI yang memiliki komitmen kuat dalam memberdayakan UMKM.
Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI, Amam Sukriyanto, mengapresiasi perjuangan dan inovasi yang dilakukan oleh Cokelat Ndalem.
“Kami di BRI percaya bahwa UMKM seperti Cokelat Ndalem memiliki potensi besar untuk berkembang lebih jauh.
BACA JUGA:BRI Peduli: Pemeriksaan Kesehatan Gratis di 52 Titik Di Seluruh Indonesia
Melalui dukungan permodalan dan pendampingan yang tepat, UMKM dapat semakin berdaya dan mampu bersaing di pasar global,” ujar Amam.
BRI tidak hanya memberikan akses pembiayaan, tetapi juga berbagai program pemberdayaan yang bertujuan membantu UMKM naik kelas.