Lewat Dukungan BRI, Casa Grata Buktikan Camilan UMKM Bisa Mendunia

Sabtu 28-06-2025,19:05 WIB
Reporter : hellen
Editor : hendri

Jakarta, SUMEKSRADIONEWS.ONLINEPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menembus pasar internasional.

Salah satu UMKM binaannya, Casa Grata, sukses melakukan ekspor perdana ke Singapura setelah berpartisipasi dalam ajang FHA Food & Beverage 2025 yang berlangsung pada 8–11 April 2025 di Singapura.

Keberhasilan tersebut menjadi pencapaian strategis yang menunjukkan potensi besar UMKM Indonesia, khususnya di sektor makanan sehat, dalam memenuhi kebutuhan pasar global.

Casa Grata adalah UMKM yang bergerak di bidang produksi camilan sehat, dengan keunggulan utama produk yang gluten-free dan vegan (berbahan dasar nabati).

BACA JUGA:Dorong Sektor Produksi Bergeliat, BRI Salurkan KUR Rp69,8 Triliun kepada 8,3 Juta Debitur UMKM

BACA JUGA:Kembali Cetak Prestasi, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia, Daftar Fortune Southeast Asia 500

Produk-produk Casa Grata juga diproses tanpa tambahan pengawet, MSG, pewarna buatan, serta bebas lemak trans dan gluten.

Saat ini, usaha tersebut menawarkan sepuluh varian rasa dan secara konsisten memperluas kapasitas produksinya guna memenuhi meningkatnya permintaan pasar akan makanan yang mendukung gaya hidup sehat.

Beberapa varian yang menjadi favorit konsumen antara lain Sea Salt Crackers, Onion & Garlic Crackers, serta Chocolate Cashew Crunchy Drop Cookies.

Dalam debut internasionalnya di FHA Food & Beverage 2025, Co-Founder sekaligus CEO Casa Grata, Jane Tanuwijaya, menyatakan bahwa partisipasi di pameran tersebut menjadi titik balik penting dalam membuka peluang ekspor ke luar negeri.

BACA JUGA:Libur Panjang Tahun Baru Islam, BRI Siapkan Layanan Weekend Banking Hingga Digital Banking

BACA JUGA:Perkuat Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional, BRI Salurkan Pembiayaan Kepada Koperasi Penyuplai Bahan Pangan MBG

    “Di ajang tersebut, kami berkesempatan bertemu langsung dengan beberapa buyer yang tertarik setelah mencicipi produk kami.

Setelah pameran selesai, komunikasi terus berlanjut, dan sejak Mei kami rutin mengirim produk ke Singapura.

Responsnya sangat positif, bahkan beberapa buyer menunjukkan minat untuk menjalin kerja sama lebih lanjut,” ujarnya.

Kesuksesan Casa Grata tidak lepas dari peran BRI yang memberikan dukungan menyeluruh dalam bentuk pelatihan, kurasi produk, fasilitasi promosi, hingga pendampingan strategis.

BACA JUGA:Pertama di Indonesia, BRI Terbitkan Social Bond Senilai Rp5 Triliun, Dukung Pembiayaan Inklusif Berkelanjutan

BACA JUGA: Program Loyalty Poin Cashier 2025, BRI Bagikan Hadiah Mobil Listrik hingga Jam Tangan Pintar bagi Merchant

Pendekatan holistik tersebut turut memperkuat kapasitas usaha sekaligus membuka jaringan pasar baru, termasuk untuk ekspor berkelanjutan.

Jane menambahkan bahwa pendampingan dari BRI tidak berhenti pada tahap awal, melainkan terus mendorong kesiapan usaha untuk tumbuh secara berkelanjutan.

    “Kami bisa tampil di FHA karena lolos proses kurasi dari BRI.

Sebelumnya, kami telah mengikuti berbagai bentuk pendampingan seperti pelatihan, inkubasi bisnis lewat program Growpreneur by BRI, serta berpartisipasi dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2023 dan 2025.

BACA JUGA:UMKM Rempah Lokal Makin Mendunia, Labuna Bukukan Prestasi Bersama BRI

Kategori :