Punya 3 Cabang, AgenBRILink Ini Sukses Bantu Petani Dapatkan Akses Layanan Keuangan

Senin 07-07-2025,16:28 WIB
Reporter : hellen
Editor : hendri

Grobogan, SUMEKSFRADIONEWS.ONLINE – Perluasan akses layanan keuangan ke pelosok negeri terus digencarkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui inisiatif AgenBRILink.

Program ini menjadi wujud nyata komitmen BRI dalam memperkuat inklusi keuangan nasional, menjangkau masyarakat hingga ke daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), serta menciptakan ekosistem ekonomi kerakyatan berbasis digital dan kolaboratif.

Salah satu kisah sukses dari program ini datang dari Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Di wilayah ini, sosok M. Aris Yuliyanto telah membuktikan bahwa peran sebagai AgenBRILink tidak hanya menguntungkan secara ekonomi pribadi, namun juga membawa dampak luas bagi komunitas sekitarnya, terutama para petani.

BACA JUGA:BRI Perkuat Komitmen terhadap SDGs demi Menjadi World-Class Sustainable Banking Group

BACA JUGA:UMKM Kuliner Binaan BRI Sukses Ekspansi Pasar Internasional, Ikuti Tren dan Kebutuhan Pasar

Aris, sapaan akrabnya, merupakan pemilik usaha bernama “SDM Mart”, sebuah minimarket modern yang kini telah memiliki tiga cabang AgenBRILink, masing-masing berlokasi di Desa Menawan, Desa Klambu, dan Desa Selonjari.

Ketiga cabang tersebut kini menjadi pusat layanan keuangan masyarakat setempat, sekaligus wadah pemberdayaan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan literasi keuangan.

    “Saya memandang keberadaan AgenBRILink memang selalu dicari masyarakat.

BACA JUGA:Klaster Susu di Ponorogo Tingkatkan Produksi, Dapatkan Dukungan Pembiayaan dan Transaksi dari BRI

BACA JUGA:Kembali Bersinar di Panggung Internasional, BRI Borong 15 Penghargaan Bergengsi di Ajang FinanceAsia 2025

Layanannya mudah diakses, lokasinya dekat, dan tidak terikat dengan jam operasional kantor bank.

Akibatnya, banyak pelanggan yang datang ke toko kami untuk berbagai keperluan transaksi keuangan,” ungkap Aris.



Dari Toko Kecil hingga Jadi Pusat Layanan Keuangan Komunitas

Usaha yang dibangun Aris tidak terjadi secara instan. Ia memulai segalanya dari sebuah toko kecil di rumahnya yang hanya menjual pulsa dan voucher elektronik.

Kala itu, Aris masih bekerja sebagai karyawan minimarket sambil bertani, sementara istrinya menjaga toko yang sederhana.

BACA JUGA:Nasabah BRI Prabumulih Nikmati Kemudahan dan Keuntungan Melalui Aplikasi BRImo

BACA JUGA:Lewat Program Desa BRILiaN, BRI Dorong Terwujudnya Desa Wisata Sebagai Destinasi Unggulan Daerah

Namun, berbekal semangat dan mimpi besar untuk mandiri secara ekonomi, Aris dan sang istri memutuskan untuk membangun minimarket mereka sendiri.

Dukungan permodalan dari BRI menjadi faktor penting yang mendorong mereka mewujudkan impian tersebut.

Kategori :