Innova Reborn Diesel 2026 Semakin Galak! Rasio Final Drive Baru Bikin Responsif tapi… Ada Konsekuensinya

Kamis 11-12-2025,15:03 WIB
Reporter : Sujarwo
Editor : Sujarwo

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Toyota menghadirkan satu perubahan teknis penting pada Innova Reborn Diesel 2026 yang mungkin tidak terlihat dari luar, tetapi sangat terasa saat dikendarai, pergantian rasio final drive gear . Meskipun desain dan fitur tidak mengalami banyak revisi, upgrade mekanis ini langsung mengubah karakter mobil, lebih kuat di bawah, namun ada efek samping yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:Lebih Tahan Harga! Innova Reborn Unggul Jauh dari Isuzu Panther di Akhir 2025

BACA JUGA:Mengintip Harga dan Keunggulan Isuzu Panther vs Innova Reborn di Pasar Bekas 2025

Di bawah ini adalah ulasan lengkapnya.

Perubahan Rasio Final Drive Gear: Apa yang Berbeda?

Toyota mengganti rasio final drive gear pada Innova Reborn Diesel 2026 dengan angka yang lebih besar:

  • Rasio Lama (2025): 3.5
  • Rasio Baru (2026): 4.55
  • Asal Rasio Baru: Rasio 4.55 ini sebelumnya digunakan pada Innova Reborn bensin .

Secara teknis, angka rasio yang lebih besar membuat roda berputar lebih cepat dengan tenaga lebih besar, namun mengorbankan kecepatan puncak dan efisiensi.

BACA JUGA:Toyota Kijang Innova Zenix 2025 Q Modellista Hybrid: Upgrade Fitur Serius Tanpa Ubah Bodi, Makin Canggih!

BACA JUGA:Isi Solar Jadi Hemat! Bandingkan Efisiensi Isuzu Panther Reborn dan Innova Venturer

Dampak Perubahan Rasio Final Drive 4.55

Dampak Positif

  1. Torsi Lebih Galak di Putaran Rendah
    Tenaga terasa lebih cepat keluar, terutama saat start awal dan jalan menanjak.
  2. Akselerasi Lebih Responsif
    Mobil lebih lincah saat stop-and-go, cocok untuk penggunaan dalam kota atau membawa muatan.
  3. Lebih Tangguh di Tanjakan
    Terasa lebih kuat untuk membawa beban berat atau jalan pegunungan.
  4. Cocok untuk Perkotaan
    Dengan respons cepat, mobil lebih nyaman digunakan di kemacetan atau rute jarak pendek.

BACA JUGA:Perbandingan Lengkap Konsumsi BBM Isuzu Panther dan Innova Reborn Diesel

BACA JUGA:Innova Reborn 2.8 XE: Tipe Termurah, Tenaga Terbuas, Layak Diburu?

Dampak Negatif

  1. Top Speed Menurun
    Karena RPM naik lebih cepat, kecepatan maksimum mobil berkurang.
  2. Lebih Berisik di Kecepatan Tinggi
    Di jalan tol, RPM terasa lebih tinggi sehingga suara dan getaran mesin ikut meningkat.
  3. BBM Lebih Boros
    RPM yang cepat naik membuat konsumsi solar cenderung lebih besar dibanding model sebelumnya.
  4. Kurang Nyaman untuk Perjalanan Jauh
    Pada kecepatan konstan tinggi, suara dan getaran bisa mengurangi kenyamanan kabin.

Lebih Kuat, Lebih Responsif, Tapi Kurang Nyaman di Tol

Innova Reborn Diesel 2026 dengan rasio final drive 4.55 terasa seperti mobil yang didesain ulang untuk kondisi perkotaan, tanjakan, dan kebutuhan torsi besar di putaran rendah .

Ia menjadi lebih sigap dan bertenaga.

BACA JUGA:Selain Isuzu Panther dan Innova Reborn, Ini Daftar Mobil Diesel Legendaris Indonesia

BACA JUGA:Isuzu Panther Reborn 2025 VS Toyota Innova: Siapa Raja Irit & Paling Nyaman di Kelasnya?

Namun sebagai konsekuensinya, mobil ini kurang ideal untuk perjalanan jauh di jalan tol karena suara lebih keras dan efisiensi BBM menurun.

Jika kebutuhan Anda lebih banyak di perkotaan atau butuh kendaraan yang sering membawa muatan, upgrade ini merupakan nilai plus.

Namun bagi pengguna yang lebih sering melaju di tol, rasanya versi sebelumnya masih terasa lebih nyaman.

 

Kategori :