Emas MDKA Menantang Pasar! Peluang Investasi Menyusul Pemulihan Pasca Penurunan 13%

Senin 27-11-2023,08:00 WIB
Editor : Dio Nidas

Emas MDKA Menantang Pasar! Peluang Investasi Menyusul Pemulihan Pasca Penurunan 13%

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA), perusahaan tambang emas yang dimiliki oleh Garibaldy 'Boy' Thohir, mengalami penurunan kinerja pendapatan per September.

Meskipun kinerja keuangan mengalami penurunan dan harga sahamnya turun, para analis masih merekomendasikan pembelian saham MDKA dengan target harga Rp3.230.

Analis Indopremier Sekuritas, Ryan Winipta, dan Reggie Parengkuan menyatakan bahwa harga saham saat ini merupakan peluang bagi investor untuk membeli saham MDKA.

"Harga saham MDKA turun 13% setelah hasil kuartal III/2023 keluar, yang kami yakini merupakan peluang pembelian, karena lingkungan makro kini mendukung yaitu imbal hasil 10 tahun AS & tren dolar turun, yang telah tercermin dalam pemulihan harga baru-baru ini," ujar mereka.

BACA JUGA:PGEO Berdaya: Saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Siap Terbang Tinggi dengan Dukungan Pemerintah

Menurut data RTI Business, pada penutupan perdagangan Jumat (24/11/2023), saham MDKA berada di level Rp2.270 per saham atau naik 0,89%.

Namun, secara akumulasi, saham MDKA masih mengalami penurunan sebesar 44,90% secara year to date, dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp54,73 triliun.

Indopremier Sekuritas mempertahankan rekomendasi beli pada MDKA dengan target harga Rp3.230 per saham.

Mereka menilai bahwa meskipun terjadi penurunan harga saham, kondisi makroekonomi saat ini mendukung pemulihan, seperti imbal hasil 10 tahun AS yang stabil dan tren penurunan dolar.

BACA JUGA:PT Segar Kumala Indonesia Rambah Pasar dengan Target Penjualan Rp1,8 Triliun!

Perusahaan ini berhasil mencatatkan peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan kerugian bersih inti sebesar US$23 juta pada kuartal sebelumnya.

Indopremier memprediksi bahwa sepanjang kuartal IV/2023, produksi MDKA akan kembali normal.

Namun, perkiraan volume penjualan emas sedikit lebih rendah, yakni 45koz dibandingkan dengan 49koz di kuartal III/2023, karena rencana penambangan dari TB Oxide.

Kategori :