Hujan Lebat & Angin Kencang Melanda Sumatera Selatan: BMKG Peringatkan, Simak Data Wilayah Terdampak!

Hujan Lebat & Angin Kencang Melanda Sumatera Selatan: BMKG Peringatkan, Simak Data Wilayah Terdampak!

Hujan Lebat & Angin Kencang Melanda Sumatera Selatan: BMKG Peringatkan-Foto: google/net-

Hujan Lebat & Angin Kencang Melanda Sumatera Selatan: BMKG Peringatkan, Simak Data Wilayah Terdampak!


SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang mengancam wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada Hari Minggu, 25 Februari 2024.

Pukul 08.00 WIB, BMKG mencatat potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, diperkirakan mulai pukul 09.00 WIB.

Hujan deras telah melanda beberapa wilayah di Provinsi Sumsel, termasuk Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Rawas, dan berbagai kota di sekitarnya.

Sejumlah daerah yang terdampak antara lain adalah Pampangan, Jejawi, Pangkalan Lampam di Kabupaten Ogan Komering Ilir; Gelumbang, Sungai Rotan, Muara Belida di Kabupaten Muara Enim; Sekayu, Lais, Sungai Keruh, Sungai Lilin, Keluang, Lalan, Babat Supat di Kabupaten Musi Banyuasin; serta berbagai daerah di Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kota Palembang, dan daerah sekitarnya.

BACA JUGA:Sidang Isbat untuk Penetapan Awal Puasa Ramadhan 2024 Akan Dilakukan pada 10 Maret

Daftar wilayah terdampak juga melibatkan Tanjung Lubuk, Pedamaran, Mesuji, Kayu Agung, Sirah Pulau Padang, Tulung Selapan, Air Sugihan, Sungai Menang, Cengal, Mesuji Raya, Lempuing Jaya, Teluk Gelam, Pedamaran Timur di Kabupaten Ogan Komering Ilir; Rambang Dangku, Gunung Megang, Lembak, Benakat, Kelekar, Belimbing, Belida Darat di Kabupaten Muara Enim; Muara Lakitan di Kabupaten Musi Rawas; dan sejumlah wilayah lainnya.

Kondisi cuaca ekstrem ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 11.00 WIB.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat di wilayah terdampak untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah antisipasi yang diperlukan demi keselamatan bersama.

Masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak diperlukan, menjauhi daerah berisiko tinggi, dan memastikan bahwa sistem drainase di sekitar rumah berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Banyuasin Konsisten Gelar Operasi Pasar Murah, untuk Menekan Inflasi Daerah

Penggunaan peralatan keamanan seperti payung dan mantel hujan juga sangat dianjurkan.

Selain itu, penting untuk memantau informasi cuaca terkini dari sumber yang sah, seperti situs resmi BMKG atau saluran berita resmi.

Dalam situasi cuaca ekstrem, kerjasama dan koordinasi antarinstansi serta kesiapan masyarakat sangat diperlukan untuk mengurangi risiko bencana.

Semua pihak diharapkan bersiap menghadapi potensi dampak cuaca buruk dan menjaga keselamatan bersama.

BACA JUGA:Pemerintah Banyuasin Ajak Kamu Tidak Panik, Stok Pangan Aman Yuk Belanja Bijak !

BMKG akan terus memantau perkembangan cuaca dan memberikan informasi terbaru kepada masyarakat.

 

Berita ini sudah terbit di bacakoran.co dengan judul "Peringatan Dini! Hujan Lebat dan Angin Kencang Menerjang Sumsel, Ini Prakiraan BMKG...."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: