Banyuasin Optimalkan Pembinaan Statistik, Tantangan Data Sektoral Berkualitas 2024

Banyuasin Optimalkan Pembinaan Statistik, Tantangan Data Sektoral Berkualitas 2024

Pembinaan data statistik sektoral Banyuasin -foto-

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE- Pembinaan Statistik Sektoral Banyuasin Tahun 2024 dibuka oleh Penjabat Bupati Banyuasin, yang diwakili oleh Asisten II Setda Kabupaten Banyuasin, Noor Yosept Zaath, ST., MM di OPI Hotel pada Kamis (21/03/2023).

Noor Yosept menjelaskan bahwa pembinaan statistik sektoral perlu dilakukan di semua bidang untuk memastikan penyelenggaraan data yang berkualitas.

Hal ini termasuk pembagian tugas untuk satu data Indonesia agar dapat dipakai antar instansi.

Kepala BPS Kabupaten Banyuasin, Basuki Rahmat, menegaskan pentingnya penyempurnaan satu data Indonesia untuk menghindari kesalahan data dalam penyelenggaraan kebijakan.

BACA JUGA:Tindakan Cepat Pemerintah Banyuasin Mengatasi Lonjakan Inflasi, Ini langkah-langkah Konkret dan Kolaboratif

Pembinaan ini bertujuan agar data statistik dapat dikumpulkan dalam satu platform web dan dapat dibagikan dengan instansi lain dengan syarat data tersebut berkualitas.

Penyelarasan data menjadi tantangan karena adanya ketidakselarasan antara instansi yang mengeluarkan data, menyebabkan indikator yang sama memiliki data yang berbeda.

Oleh karena itu, pembinaan statistik sektoral menjadi sangat penting.

Materi dalam pembinaan ini disampaikan oleh narasumber seperti Febrina Dwi Rahayu S. Stat, Lukman Huq Mahmuda Siregar S.Tr.Stat,

BACA JUGA:Persiapan Safari Ramadhan di Talang Kelapa Pejabat Monitoring Lokasi Masjid

dan Dr. H. Salni Pajar, S. Ag., M. Hi. Dr. H. Salni Pajar, S. Ag., M. Hi. juga diberikan Piagam Penghargaan atas partisipasinya sebagai narasumber dalam pembinaan statistik sektoral Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam menjaga kualitas data statistik yang menjadi dasar perencanaan dan pengambilan kebijakan di Kabupaten Banyuasin.

Dengan kolaborasi antarinstansi dan penyelarasan data yang efektif,

diharapkan data statistik yang dihasilkan dapat menjadi acuan yang handal bagi pembangunan daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: