Mengatur Keuangan yang baik agar tidak Terlilit Hutang, Salah Satunya Berfokus pada Salah Satu Tanggungan

Mengatur Keuangan yang baik agar tidak Terlilit Hutang, Salah Satunya Berfokus pada Salah Satu Tanggungan

Ilustrasi mengatur keuangan dengan baik--Mengatur Keuangan yang baik agar tidak Terlilit Hutang

Sumeksradio- Mengatur Keuangan yang baik agar tidak Terlilit Hutang, Salah Satunya Berfokus pada Salah Satu Tanggungan, Banyak hal yang memaksa Anda mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Misalnya, tagihan kendaraan, properti, pembelian berbagai barang.

Terkadang biaya tersebut menyebabkan pemborosan atau mengurangi anggaran untuk kebutuhan prioritas. Hal ini menyebabkan penipisan tabungan secara bertahap, kesulitan dalam mengalokasikan uang untuk memenuhi kebutuhan, dan yang terburuk, berutang.

BACA JUGA: 7 Ciri Anak Jenius, Apakah Anak Anda?

Manajemen keuangan yang terbaik adalah dengan mengalokasikan pengeluaran sesuai dengan prioritas.

Berikut beberapa tips mengatur keuangan berdasarkan prioritas:
 
1. Cari tahu apa yang penting bagi Anda
 
Prioritas setiap orang berbeda tergantung pada kebutuhan masing-masing, jadi penting untuk menetapkan prioritas Anda sendiri. Coba urutkan mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan bulanan yang sangat penting.

Misalnya, dana untuk belanja sembako, tagihan listrik, lalu tagihan internet. Pastikan untuk menulis anggaran yang tepat agar kebutuhan yang paling penting terpenuhi.
 
2. Fokus pada satu tujuan
 
Jika Anda memiliki beberapa tanggungan pada saat yang sama, Anda harus membayarnya. Sering terlihat uang tidak cukup karena banyak tagihan yang harus dibayar. Anda bisa meringankan beban dengan berfokus pada satu tanggungan hingga selesai.

Misalnya, sahabat Fimela memiliki 2 tanggungan sekaligus, seperti kendaraan dan elektronik. Jadi bayar salah satu dari ini sebelum Anda membeli yang lain. Ini akan membantu Anda tetap pada anggaran dan menghindari hutang.
 
3. Tentukan impian Anda untuk masa depan
 
Setiap orang pasti memiliki impian seperti melanjutkan sekolah, berlibur dan lain sebagainya. Untuk mencapainya dengan cepat, susun tujuan masa depan Anda sesuai dengan prioritas Anda.

Fokus terus-menerus pada hal utama dan setelah selesai, berinovasilah untuk mewujudkan impian Anda berikutnya.
 
 4. Jeda sebelum Anda membeli
 
Belanja online adalah pendorong konsumsi terbesar tanpa disadari. Terkadang kita tertarik dengan diskon besar-besaran, padahal nominal harga yang dipublikasikan setelah dihitung ulang tidak jauh berbeda dengan harga aslinya.

Setiap toko memiliki strategi pemasaran untuk menarik pembeli. Oleh karena itu usahakan istirahat dulu sebelum pengecekan barang.

Terkadang keinginan berubah tiba-tiba karena Anda menyadari bahwa Anda tidak terlalu membutuhkan barang yang dibeli oleh sahabat Fimela.
 
5. Perhatikan tagihan kartu kredit
 
Jika sobat Fimela menggunakan kartu kredit untuk membayar kebutuhan sehari-hari, tidak perlu khawatir dengan waktu pembayarannya.

Membayar lebih cepat lebih baik karena sebagian besar kartu kredit menawarkan poin atau layanan tertentu kepada pelanggan yang patuh saat membayar.

Jika Anda melewatkan satu tagihan, itu menjadi kebiasaan yang pada akhirnya akan menambah hutang Anda.

Pengelolaan keuangan harus dilakukan dengan hati-hati. Berapa pun kebutuhan Anda, sesuaikan dengan penghasilan Anda agar keuangan Anda tetap stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: