Meriah! Mobil Hias Dekranasda Banyuasin, Diserbu Warga Solo di HUT Dekranasda ke-44

Meriah! Mobil Hias Dekranasda Banyuasin, Diserbu Warga Solo di HUT Dekranasda ke-44

Pawai kendaraan hias dekranasda banyuasin ke 44 di Surakarta solo -foto-

SUMEKSRADIO- Ribuan warga Kota Solo memadati sepanjang jalan Slamet Riyadi untuk menyaksikan pawai kendaraan hias dalam rangka HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Antusiasme warga terlihat jelas ketika mobil hias dari Dekranasda Kabupaten Banyuasin melintas dengan bentuk perahu pinisi yang megah dan dihiasi ornamen buah sawit asli. 

Tidak hanya anak-anak, masyarakat Solo juga menunjukkan kekagumannya terhadap dekorasi unik dari mobil hias tersebut.

Pawai ini merupakan bagian dari peringatan HUT Dekranasda yang digelar dari 15 hingga 18 Mei 2024 di Kota Solo.

BACA JUGA:Evaluasi Desa Cantik BPS Tingkatkan Literasi Statistik dan Kualitas Data di Banyuasin

Menambah kebanggaan, Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin, H. Hani S. Rustam, didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Banyuasin, Hj. Merry Hani, ikut dalam rombongan dan mengenakan pakaian adat pengantin Banyuasin.

Dengan rute parade yang dimulai dari depan Dinsos Jalan Slamet Riyadi Gendengan hingga berakhir di Balai Kota Surakarta, Pj Bupati dan istrinya menyapa warga Solo sepanjang perjalanan.

Kegiatan tahunan ini juga menghasilkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori karnaval terpanjang, dengan 102 mobil hias dari berbagai daerah dan total peserta mencapai 1.250 orang.

Pj Bupati Banyuasin, Hani S. Rustam, mengungkapkan bahwa partisipasi dalam parade ini merupakan peluang besar untuk mengenalkan Kabupaten Banyuasin kepada seluruh Indonesia serta mendukung UMKM lokal.

BACA JUGA:Evaluasi Desa Cantik BPS Tingkatkan Literasi Statistik dan Kualitas Data di Banyuasin

“Dengan adanya parade karnaval mobil hias ini, kami dapat memperkenalkan Kabupaten Banyuasin ke seluruh Indonesia dan meningkatkan UMKM agar lebih dikenal.

Partisipasi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan pendapatan dari kerajinan yang ada di Kabupaten Banyuasin,” ujarnya.

Pj Bupati juga menyampaikan selamat atas peringatan HUT ke-44 Dekranas dan berharap acara ini dapat menjadi ajang pengenalan budaya dan ciri khas Banyuasin, yang dikenal sebagai penghasil pertanian nomor empat di Indonesia, perkebunan kelapa sawit, dan karet.

"Alhamdulillah, kapal hias Dekranasda Kabupaten Banyuasin meraih juara sebagai perwakilan Provinsi Sumatera Selatan," tambahnya dengan bangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: