Keratin Treatment: Rahasia Rambut Indah dan Risiko Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Keratin Treatment: Rahasia Rambut Indah dan Risiko Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Keratin Treatment: Rahasia Rambut Indah dan Risiko Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui-foto: dok net-

Meskipun banyak manfaat yang ditawarkan, keratin treatment juga memiliki risiko, terutama terkait dengan kandungan formaldehida dalam produk perawatan keratin.

Formaldehida adalah bahan kimia berbau menyengat yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk mata berair, batuk, iritasi kulit, dan sensasi terbakar di mata, hidung, dan tenggorokan.

BACA JUGA:Rahasia Pemikat Hati! Kokulu Perfume Gci Bloom, Inilah Minyak Wangi Wanita Tahan Lama & Elegan

Studi Mengenai Kandungan Formaldehida

Dilansir dari laman Healthline, beberapa studi telah menemukan bahwa banyak produk keratin mengandung kadar formaldehida lebih tinggi daripada yang diiklankan.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American Academy of Dermatology menemukan bahwa beberapa merek keratin yang dipasarkan di Afrika Selatan mengandung kadar formaldehida lima kali lebih tinggi daripada tingkat aman yang direkomendasikan, yaitu 0,2 persen.

Temuan serupa juga dilaporkan dalam Journal of Occupational and Environmental Hygiene yang menemukan tingkat formaldehida tinggi pada beberapa merek perawatan keratin.

Efek Paparan Formaldehida

BACA JUGA:Tips Membuat Bibir Tetap Sehat: Hindari Kebiasaan Buruk Ini!

Paparan formaldehida dengan kadar 0,1 hingga 0,5 bagian per juta (ppm) dapat menyebabkan iritasi hidung dan mata, efek neurologis, dan peningkatan risiko asma dan alergi.

Pada tingkat 0,6 hingga 1,9 ppm, seseorang mungkin akan mengalami eksim atau perubahan pada fungsi paru-paru mereka.

Paparan yang berkelanjutan, terutama bagi mereka yang secara teratur melakukan keratin treatment atau bekerja di salon, dapat memiliki dampak serius pada kesehatan.

Memilih Keratin Treatment yang Aman

Bagi mereka yang mempertimbangkan keratin treatment, penting untuk memilih produk dan salon yang transparan mengenai kandungan bahan kimia yang digunakan.

BACA JUGA:Kilau Alami dan Kelembapan Sepanjang Hari: Rahasia Bibir Sehat dengan Lip Oil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: