Baubau Fashion Tenun Festival 2023:Kualitas Motif Tenunan Buton Menuju Dunia Fashion Berdaya Saing

Baubau Fashion Tenun Festival 2023:Kualitas Motif Tenunan Buton Menuju Dunia Fashion Berdaya Saing

-Baubau Fashion Tenun Festival 2023-

Baubau Fashion Tenun Festival 2023:Kualitas Motif Tenunan Buton Menuju Dunia Fashion Berdaya Saing

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) berkolaborasi dalam penyelenggaraan Baubau Fashion Tenun Festival 2023 guna meningkatkan kualitas motif tenunan daerah khas Baubau.

Festival ini bertujuan untuk melestarikan tenun Buton yang memiliki nilai budaya lokal dan merupakan warisan leluhur masyarakat Buton.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, menyatakan bahwa festival ini merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk unggulan daerah.

Melalui festival ini, Pemkot Baubau berharap dapat menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap karya daerah serta memperluas jangkauan pasar bagi tenun Buton.

BACA JUGA:Dewa Budjana Berkolaborasi dengan Raja Dangdut Rhoma Irama dalam Single Terbarunya, 'Smara Rindu'.

"Dalam era tren fashion yang terus berkembang, Baubau Fashion Tenun Festival 2023 menjadi peluang untuk menghadirkan nuansa baru dalam motif tenunan daerah.

Selain itu, festival ini juga diharapkan menjadi wadah bagi pengenalan dan pengembangan dunia fashion lokal Indonesia di daerah ini," ujar La Ode Ahmad Monianse.

Lebih lanjut, La Ode Ahmad Monianse menekankan bahwa tenun Buton bukan hanya sebagai produk fashion, tetapi juga mencerminkan identitas sosial, agama, dan ritual masyarakat.

Tenunan ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, digunakan untuk keperluan sehari-hari, upacara adat, serta busana kerja.

BACA JUGA:Jessica Iskandar Ungkap Alasan Operasi Bentuk Hidung Akibat Kecelakaan dan Dapat Reaksi Kritik

Dengan semangat kolaborasi dan upaya ekonomis, Baubau Fashion Tenun Festival 2023 diharapkan mampu memberdayakan pelaku industri tenun, menciptakan karya seni desain, dan meningkatkan kualitas motif tenunan Buton agar tetap relevan dan memiliki nilai jual yang bersaing di pasar.

Festival ini menjadi langkah maju dalam mempertahankan keunikan dan keberlanjutan tenun Buton dalam menghadapi tantangan industri kain modern.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: