Sekarang di Era Digital Bisa Diriin Bisnis Kreatif Loh yang Kini Jadi Andalan Brand UMKM di Era Gen Z!

Bisnis Kreatif yang Kini Jadi Andalan Brand UMKM di Era Digital-Google : dok net-
Bahkan, agensi konten skala kecil pun kini bisa beroperasi secara remote, tanpa perlu kantor fisik yang besar.
Cukup dengan tim kecil yang solid seperti fotografer, editor, penulis konten, dan desainer sebuah agensi bisa melayani klien dari berbagai kota bahkan negara.
Terlebih, perkembangan teknologi AI dan software desain seperti Canva, CapCut, hingga ChatGPT juga semakin mempermudah proses produksi konten.
Agensi yang mampu beradaptasi dan terus belajar tren konten terbaru, akan semakin diminati pasar.
BACA JUGA:Lebaran Makin Praktis, Transaksi QRIS Lebih Nyaman Pakai Super Apps BRImo
BACA JUGA:Ini Dia! Business Matching Kemendag: Strategi Jitu UMKM Tembus Pasar Ekspor!
Strategi UMKM dalam Memanfaatkan Agensi Konten
Agar kerja sama antara UMKM dan agensi konten berjalan optimal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:
Tentukan tujuan pemasaran secara jelas: apakah ingin meningkatkan followers, engagement, atau penjualan?
Siapkan identitas brand dasar seperti logo, warna, dan tone komunikasi.
Bangun komunikasi yang terbuka dan aktif dengan tim agensi.
Evaluasi hasil secara berkala dan terbuka terhadap ide baru dari pihak kreatif.
Dengan strategi yang tepat, UMKM bisa bertransformasi menjadi brand digital yang kuat, tak kalah dengan pemain besar di industri yang sama.
Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, keberadaan agensi konten digital menjadi mitra penting bagi UMKM untuk tampil lebih profesional, dikenal luas, dan akhirnya meningkatkan penjualan.
BACA JUGA:UMKM BJB Corner: Wadah Baru bagi Produk Lokal untuk Go Nasional!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: