Inovasi Budidaya Ikan Gabus di OKU, Dukung Pangan Mandiri

Inovasi Budidaya Ikan Gabus di OKU, Dukung Pangan Mandiri

Kampung Budidaya Ikan Gabus Yang dikunjungi Gubernur Sumsel-Foto-pemprovsumsel

Inovasi Budidaya Ikan Gabus di OKU, Dukung Pangan Mandiri

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINEProgram Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digagas oleh Gubernur Herman Deru mendapat dukungan dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Selatan (Sumsel). Salah satunya adalah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), yang menciptakan inovasi Kampung Budidaya Ikan Gabus.

Kampung Budidaya Ikan Gabus ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten OKU dan Kodim 0403 Baturaja, didirikan di lahan seluas 1 hektar di Desa Martajaya, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten OKU. Saat ini, kampung ini mampu memproduksi 60.000 benih ikan gabus per tahun dan 8.000 ekor ikan gabus konsumsi per tahun.

Gubernur Herman Deru memberikan apresiasi atas inovasi Pemerintah Kabupaten OKU dan menyebut ide budidaya ikan gabus sebagai langkah yang tepat.

Selain rasanya yang enak untuk panganan seperti pempek, ikan gabus juga dicari untuk bahan obat-obatan karena mengandung albumin.

BACA JUGA:Putusan MK: Masa Jabatan Kepala Desa Tetap Enam Tahun

 

Gubernur juga menyampaikan bahwa Sumsel menjadi Provinsi terbaik dalam penurunan angka stunting, dan GSMP berkontribusi besar dalam pencapaian tersebut.

Pj Bupati OKU, Teddy Meilwansyah, menyatakan bahwa Pemkab OKU telah melakukan inovasi dalam membudidayakan ikan gabus sejak 2018, berkolaborasi dengan kelompok pembudidaya ikan gabus dan penyuluh perikanan.

Inovasi ini mengubah pola hidup ikan gabus dari ikan predator yang hidup liar di alam menjadi ikan yang dapat dipijahkan dan dibudidayakan di dalam kolam.

Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu pengembangan usaha perikanan serta meningkatkan pendapatan kelompok pembudidaya ikan. Selain itu, inovasi ini juga membantu membentuk sentra perikanan di Desa Marta Jaya.

BACA JUGA:Surabaya,122 Talenta Muda U 17 Berkompetisi Mewakili Negara

Dengan langkah inovatif dan kolaborasi yang kuat, Pemerintah Kabupaten OKU berhasil menciptakan Kampung Budidaya Ikan Gabus sebagai salah satu langkah mendukung GSMP dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: