Jangkau 67 Ribu Desa, AgenBRILink Perkuat Inklusi Keuangan Nasional

AgenBRILink Perkuat Inklusi Keuangan Nasional-foto: dok bri-
Jakarta, SUMEKSRADIONEWS.ONLINE – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam memperluas inklusi keuangan nasional di tengah pesatnya transformasi digital sektor keuangan.
Melalui pendekatan hybrid banking yang menggabungkan teknologi digital dan jaringan fisik, BRI mengembangkan layanan keuangan yang lebih inklusif dan adaptif, terutama melalui kehadiran AgenBRILink di berbagai wilayah, termasuk pelosok Tanah Air.
Dengan model layanan berbasis komunitas, AgenBRILink telah menjangkau hingga ke wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), menjadikannya ujung tombak transformasi layanan keuangan inklusif.
BACA JUGA:BRI Konsisten Salurkan FLPP, Dukung Akses Hunian Terjangkau bagi Masyarakat
BACA JUGA:Lewat Dukungan BRI, Casa Grata Buktikan Camilan UMKM Bisa Mendunia
Keberadaannya tidak hanya memperluas akses perbankan bagi masyarakat yang sebelumnya belum terlayani secara optimal, tetapi juga turut berkontribusi pada peningkatan signifikan jumlah agen dan volume transaksi.
Sepanjang Januari hingga Mei 2025, AgenBRILink mencatatkan 443 juta transaksi, didukung oleh 1,19 juta agen yang tersebar di 67.013 desa di seluruh Indonesia.
Beragam layanan keuangan yang tersedia melalui AgenBRILink, seperti tarik tunai, transfer, dan pembayaran tagihan, juga turut menyumbang pendapatan non-bunga (fee-based income) sebesar Rp643 miliar bagi BRI dalam periode tersebut.
BACA JUGA:Dorong Sektor Produksi Bergeliat, BRI Salurkan KUR Rp69,8 Triliun kepada 8,3 Juta Debitur UMKM
BACA JUGA:Kembali Cetak Prestasi, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia, Daftar Fortune Southeast Asia 500
Direktur Utama BRI, Hery Gunardi, menjelaskan bahwa peran AgenBRILink yang semakin strategis merupakan hasil dari berbagai langkah konkret yang dilakukan BRI dalam memperkuat fondasi dan kapabilitas jaringan keagenan, termasuk penguatan sistem dan infrastruktur digital guna meningkatkan keandalan, efisiensi, dan keamanan transaksi di tingkat agen.
“BRI akan terus memperkaya fitur layanan yang ditawarkan, sehingga para agen dapat memberikan beragam solusi keuangan kepada masyarakat.
Selain layanan dasar seperti tarik tunai, transfer, dan pembayaran tagihan, AgenBRILink kini juga melayani pembelian asuransi mikro, setoran pinjaman, referral pembukaan rekening tabungan, hingga layanan mikrofinansial lainnya,” ujar Hery.
BACA JUGA:Infinix Note 40 Pro vs Pro 5G: Mana yang Paling Worth It untuk Kamu di 2025?
Ke depan, BRI optimistis bahwa dengan strategi yang matang dan eksekusi yang konsisten, AgenBRILink akan semakin berperan dalam menciptakan peluang usaha bagi masyarakat lokal.
Selain itu, keberadaan agen juga diyakini dapat menjadi penggerak roda ekonomi daerah serta mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan secara merata di seluruh Indonesia. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: