PSSI Hapus Daftar 26 Pemain Timnas U-23 Karena Kendala Izin Klub

PSSI Hapus Daftar 26 Pemain Timnas U-23 Karena Kendala Izin Klub

timnas u 23-Foto-Net.

PSSI Hapus Daftar 26 Pemain Timnas U-23 Karena Kendala Izin Klub

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE-  Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menghadapi situasi yang cukup kompleks dalam persiapan Timnas U-23 jelang Piala AFF U-23 2023 di Thailand.

Sebelumnya, PSSI merilis daftar 26 pemain yang diundang untuk Pemusatan Latihan (TC) guna membentuk tim terbaik untuk turnamen yang dijadwalkan berlangsung pada 17-26 Agustus mendatang.

Namun, langkah ini tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan, karena daftar tersebut akhirnya dihapus oleh PSSI. Salah satu faktor yang menjadi penyebab penghapusan ini adalah kendala dalam perizinan pemain dari klub-klub penyumbang pemain.

Dalam daftar tersebut, terdapat beberapa pemain inti dari klub-klub seperti Persija Jakarta, seperti Muhammad Ferrari dan Rizky Ridho.

BACA JUGA:Arsenal Mengalahkan Manchester City dalam Adu Penalti untuk Meraih Community Shield

Namun, kendala muncul ketika klub-klub tersebut enggan melepas pemain-pemain andalannya. Misalnya, Muhammad Ferrari tengah menjalani pendidikan kepolisian, dan Rizky Ridho merupakan palang pintu utama Persija yang saat ini sedang mengalami krisis bek.

Persoalan perizinan dan pentingnya pemain bagi klub menjadi kendala yang harus dihadapi PSSI.

Tidak hanya pemain lokal, dua pemain dari luar negeri juga turut dipanggil untuk TC. Ivar Jenner dari FC Utrecht dan Rafael Struijk dari Ado Den Haag adalah dua pemain ini. Namun, situasi mereka juga tidak berjalan mudah, karena masa TC Timnas U-23 ini diluar jadwal FIFA.

Klub-klub tempat mereka bermain membutuhkan pemain-pemain mereka pada saat ini, sehingga peluang melepas mereka untuk TC menjadi tipis.

BACA JUGA:Kembali dari Cedera, Beiwen Zhang Bangkit di Austalia Open 2023

Selain masalah perizinan, PSSI juga terjebak dalam kesalahan informasi terkait asal klub beberapa pemain. Pemain seperti Frengky Missa dan Haykal Alhafiz salah dicantumkan klub asalnya dalam daftar.

Frengky Missa yang dipinjamkan ke Persikabo 1973 disebut berasal dari Persija, sedangkan Haykal Alhafiz dari PSIS Semarang disebut berasal dari Persija. Kesalahan ini membuat PSSI terpaksa mencabut pengumuman pemanggilan pemain.

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong, pun dijadwalkan akan bertemu dengan Thomas Doll, pelatih Persija, untuk membahas masalah ini. Situasi ini menunjukkan kompleksitas persiapan tim nasional di tengah dinamika klub-klub di level lokal dan internasional.

Meskipun kendala ini muncul, diharapkan bahwa PSSI dan klub-klub dapat menemukan solusi yang tepat demi persiapan yang optimal menjelang Piala AFF U-23 2023.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: