Gubernur Sumsel Gandeng Menteri PUPR Dan Dubes Australia Tinjau IPAL

 Gubernur Sumsel Gandeng Menteri PUPR Dan Dubes Australia Tinjau IPAL

Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Menteri PUPR Ir. H. Mochamad Basuki Hadi Moeljono, dan Duta Besar Australia -Foto-pemprovsumsel

 Gubernur Sumsel Gandeng Menteri PUPR Dan Dubes Australia Tinjau IPAL

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE-  Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Menteri PUPR Ir. H. Mochamad Basuki Hadi Moeljono, dan Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM, melakukan kunjungan peninjauan lokasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Sungai Selayur.

Kegiatan ini meliputi pemaparan dari Dinas PUPR Kota Palembang dan pengambilan sampel air limbah.

Gubernur H. Herman Deru mengapresiasi perhatian pemerintah pusat dan Australia terhadap sanitasi di Kota Palembang.

Ia menjelaskan bahwa kerjasama ini bukan hanya soal konstruksi, tetapi juga menggambarkan hubungan baik antara kedua negara. Keberadaan IPAL ini diharapkan akan terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hidup sehat, bersih, dan bebas stunting.

BACA JUGA:BTN Siapkan Pengganti Rizky Ridho dan Dzaky Asraf dalam Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-23

Menteri PUPR Ir. H. Mochamad Basuki Hadi Moeljono menjelaskan bahwa proyek IPAL ini akan mengolah beragam limbah melalui sistem pipa, termasuk limbah dari wc, rumah tangga, perkantoran, dan restoran.

IPAL Sungai Selayur menjadi salah satu contoh sanitasi modern di Indonesia, dengan kolaborasi antara pemerintah Indonesia dan Australia melalui Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur.

Investasi yang ditanamkan untuk IPAL ini cukup besar, melebihi Rp1,2 triliun. Pemerintah Australia memberikan hibah Rp600 miliar, sementara APBN dari Kementerian PUPR menganggarkan Rp640 miliar untuk pipa distribusi.

Pemerintah daerah, dalam hal ini Pemprov dan Pemkot Palembang, diharapkan juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga dan merawat IPAL ini setelah pembangunan selesai.

BACA JUGA:Menuju Puncak Paris 2024, Perjuangan Hebat Timnas Basket Indonesia!

Keberadaan IPAL bukan hanya sebagai sarana pengolahan limbah, tetapi juga sebagai upaya edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sanitasi dan kesehatan.

Kunjungan ini menggambarkan komitmen bersama dalam meningkatkan infrastruktur sanitasi dan memajukan kualitas hidup masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: