Mastitis: Kondisi Umum pada Ibu Menyusui! Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi secara Detail

Mastitis: Kondisi Umum pada Ibu Menyusui! Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi secara Detail

Mastitis: Kondisi Umum pada Ibu Menyusui-Foto: google/net-

Mastitis: Kondisi Umum pada Ibu Menyusui! Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi secara Detail

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Mastitis salah satu kondisi peradangan yang terjadi pada jaringan payudara, dan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri.

Kondisi ini sering kali dialami oleh ibu yang sedang menyusui dan dapat mengganggu proses menyusui serta kesejahteraan ibu tersebut.

Memahami penyebab, gejala, serta cara mengatasi dan mencegah mastitis adalah penting bagi ibu menyusui untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka sendiri serta bayi mereka.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Otak dan Tubuh Melalui Intermittent Fasting

Penyebab Mastitis:

  1. Penyumbatan Saluran Susu: Salah satu penyebab utama mastitis adalah penyumbatan saluran susu. Terkadang, karena berbagai alasan seperti penggunaan bra yang tidak pas atau teknik menyusui yang kurang tepat, saluran susu bisa tersumbat. Sumbatan ini menghambat aliran susu, menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

  2. Bakteri: Infeksi bakteri juga merupakan penyebab umum mastitis. Bakteri dapat masuk ke dalam jaringan payudara melalui kerusakan kecil pada puting susu, seperti lecet atau retakan. Ini kemudian dapat menyebabkan peradangan, yang mengakibatkan gejala tidak nyaman pada payudara.

  3. Polanya Menyusui yang Tidak Teratur atau Tidak Efektif: Menyusui dengan interval terlalu lama atau tidak memberikan cukup air susu ibu (ASI) kepada bayi dapat meningkatkan risiko mastitis. Proses ini mempengaruhi produksi ASI dan keseimbangan hormon yang dapat memengaruhi kondisi payudara.

BACA JUGA:Menjelajahi Metode-Metode Fasting! Lebih dari Sekedar Diet

Gejala Mastitis:

  1. Nyeri, Bengkak, atau Kemerahan pada Payudara: Payudara yang terkena mastitis dapat menjadi nyeri, bengkak, dan tampak kemerahan. Ibu merasakan ketidaknyamanan yang signifikan, bahkan saat tidak menyusui.

  2. Demam dan Merasa Tidak Enak Badan: Infeksi yang menyebabkan mastitis bisa memicu gejala demam dan sensasi merasa tidak enak badan secara keseluruhan. Ini adalah respons tubuh terhadap infeksi.

  3. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    Sumber: