Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Ditipu

Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Ditipu

Marak penipuan online--Shutterstok

SUMEKSRADIO.DISWAY.ID- Sumekslovers, saat ini semakin hari semakin banyak saja penipuan terjadi. Penipuan tidak hanya terjadi secara langsung tetapi banyak modus yang dilakukan oleh penipuan melalui media online.

Banyak akun-akun penipuan bertebaran di platform media sosial dan media belanja online.

Di era digital ini kita sangat perlu berhati-hati agar tidak terkena sugesti penipuan ketika kamu belanja online atau secara langsung.

BACA JUGA:Memilih Tabir Surya dan Tips Pemakaian yang Tepat untuk Mencegah Kanker Kulit

Biasanya kalau kamu ditipu secara langsung, mereka akan mendatangimu dengan perkataan yang tidak begitu mendukung, bisa juga mereka akan menghipnotismu agar kamu berada dibawah alam sadar.

Sementara untuk Penipuan online, ketika kamu belanja online di sebuah platform mereka biasanya akan meminta transfer sejumlah uang.

Padahal orang tersebut tidaklah kamu kenal. Mereka biasanya menelponmu lalu berbicara meminta transfer lewat sebuah m-banking.

Namun, sumekslovers. Kamu perlu mengikuti cara ini, meskipun kamu terlanjur terkena penipuan.

BACA JUGA:Banyak Orang Percaya dengan Ramalan Zodiak,!! Berikut Ramalan Zodiak Minggu ini...

Tips amannya :

1. Amankan keuangan dengan hubungi call center m-banking

Dengan meminta pengamanan dari call center data pribadimu tidak akan dicuri. Para penipu online biasanya akan meminta data pribadimu, lalu nomor rekening tabunganmu.

Hati -hati dan tetap waspadalah dari hal- hal yang serba online apalagi bertransaksi online.

2. Jika ada transaksi tidak dikenal di rekening, minta bank memblokir rekeningmu

Agar uang mu tidak terkuras habis, maka pemblokiran tabunganmu adalah cara yang terbaik. Amankan uangmu yang masih tersimpan, lalu blokirlah dengan meminta bantuan dari bank.

3. Datangi gerai bank untuk dapat solusi lebih lanjut

Dengan menghubungi CS bank, anda dapat berkonsultasi terkait keamanan data pribadi, nomor rekening dan hal-hal yang berkaitan dengan keuanganmu direkening. Cara ini dapat membantumu agar dapat jawaban tepat dan tidak terjadi lagi penipuan.

4. Laporkan kepada pihak yang berwenang

Yang terakhir ini sangat perlu kamu lakukan agar penipuan tidak terjadi berulang-ulang kepadamu dan orang lain.

Mintalah bantuan polisi untuk melacak para penipu. Bila tertangkap semoga mereka yang melakukan penipuan mendapat efek jera. Apabila kamu telah terlanjur tertipu segera laporkan ke polisi ya!. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: