Ini Kebiasaan Harus di Lakukan, Menjaga Tumit Tetap Lembut dan Bebas Pecah-Pecah

Ini Kebiasaan Harus di Lakukan, Menjaga Tumit Tetap Lembut dan Bebas Pecah-Pecah

Ilustrasi Menjaga Tumit Tetap Lembut dan Bebas Pecah-Pecah. NET--

SUMEKSRADIO.DISWAY.ID - Tumit pecah-pecah adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kekurangan perawatan, dehidrasi, paparan cuaca ekstrem, dan penggunaan sepatu yang tidak nyaman.

Untuk menjaga tumit tetap lembut dan bebas dari pecah-pecah, berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu diketahui:

Perawatan rutin:

  • Cuci kaki Anda secara teratur dengan air hangat dan sabun lembut, kemudian keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih.
  • Gunakan batu apung atau sikat kaki lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada tumit Anda.
  • Setelah membersihkan kaki, aplikasikan pelembap khusus untuk kaki atau krim pelembap yang kaya akan bahan-bahan seperti urea atau asam laktat. Oleskan dengan lembut dan secara teratur, terutama sebelum tidur.

BACA JUGA:Perhatikan! 7 Keuntungan Menggunakan Lidah Buaya untuk Perawatan Wajah dan Panduan Penggunaannya

Hindari kekeringan:

  • Minum cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering, termasuk pada tumit.
  • Gunakan pelembap tubuh yang efektif secara menyeluruh, khususnya pada bagian tumit yang cenderung kering dan pecah-pecah.

Perlindungan:

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai untuk menghindari tekanan berlebih pada tumit. Hindari penggunaan sepatu yang terlalu ketat atau sepatu hak tinggi yang tidak mendukung.
  • Ketika berjalan di luar ruangan, terutama pada cuaca yang ekstrem, gunakan alas kaki yang melindungi tumit dari paparan langsung terhadap panas atau dingin yang ekstrem.

BACA JUGA:Khasiat Konsumsi Jambu Biji Merah Secara Rutin Bagi Kesehatan dan Kecantikanmu

Rutin perawatan kaki:

  • Secara teratur periksakan kaki Anda kepada dokter atau ahli perawatan kaki (podiatris) untuk mendapatkan perawatan tambahan jika diperlukan. Mereka dapat membantu mengatasi masalah kaki, termasuk tumit pecah-pecah.

Hindari kebiasaan buruk:

  • Hindari merendam kaki terlalu lama dalam air panas, karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
  • Jangan mengikis kulit mati pada tumit dengan menggunakan benda tajam, karena dapat menyebabkan iritasi atau cedera.

Gaya hidup sehat:

  • Konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan vitamin dan mineral, seperti sayuran, buah-buahan, dan protein. Nutrisi yang cukup membantu menjaga kelembapan kulit.
  • Hindari merokok dan minum alkohol secara berlebihan, karena kedua kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kulit secara negatif.

BACA JUGA:Selain Pola Makan untuk Melindungi Ginjalmu, 6 Jenis Sayuran Ini Bermanfaat Menjaga Kesehatan dan Fungsinya

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kebutuhan perawatan kulit yang berbeda, jadi penting untuk menemukan rutinitas perawatan yang paling cocok untuk Anda.

Jika masalah tumit pecah-pecah terus berlanjut atau memburuk, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli perawatan kaki untuk evaluasi lebih lanjut. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: