Idul Adha 1444 H: Kemenag Mantapin 29 Juni 2023, Toleransi Kita Jalin, Perbedaan Kita Respect-in!

Idul Adha 1444 H: Kemenag Mantapin 29 Juni 2023, Toleransi Kita Jalin, Perbedaan Kita Respect-in!

Kemenag secara resmi menetapkan tanggal Idul Adha 1444 H jatuh pada 29 Juni 2023. (sumeksradionews/net)--

 

 

Jakarta, SUMEKSRADIO.disway.id - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah mengambil langkah penting untuk memperkuat toleransi dan menghormati perbedaan dalam merayakan Hari Raya Idul Adha.

Dalam sidang isbat yang dipimpin oleh Wakil Menteri Agama, Dr. H. Zainut Tauhid Sa'adi, Kemenag secara resmi menetapkan tanggal Idul Adha 1444 H jatuh pada 29 Juni 2023.

Keputusan ini didasarkan pada pengamatan hilal oleh Tim Hisab Rukyah Kemenag di 99 titik di seluruh Indonesia.

Sidang isbat tersebut melibatkan pakar falak, astronomi, wakil rakyat, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam di Indonesia.

BACA JUGA:Waspadai Dampak El-Nino, Mendagri Menandatangani Kontrak Impor 1 Juta Ton Beras dari India

Dalam proses musyawarah, penghitungan, dan pengamatan hilal, disepakati bahwa tanggal 1 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada 20 Juni 2023 Masehi, yang menandai awal bulan Dzulhijjah.

Kemenag menjelaskan bahwa penentuan tanggal Idul Adha didasarkan pada pengamatan hilal yang terlihat di atas ufuk, yang tidak bertentangan dengan kriteria MABIMS (Majelis Agama Islam se-Benua Melayu dan Indonesia).

Dalam suasana mufakat, sidang isbat menegaskan bahwa 29 Juni 2023 Masehi adalah hari yang tepat untuk merayakan Hari Raya Idul Adha, yang bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1444 H dalam penanggalan Hijriyah.

Keputusan ini juga menjadi momentum penting bagi Kemenag untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia dalam membangun toleransi dan menghormati perbedaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: