Jarang Diketahui! Peran Penting Sekayu dalam Perjalanan Panjang Pembentukan Kabupaten Musi Ilir-Banyuasin

Jarang Diketahui! Peran Penting Sekayu dalam Perjalanan Panjang Pembentukan Kabupaten Musi Ilir-Banyuasin

Peran Penting Sekayu dalam Perjalanan Panjang Pembentukan Kabupaten Musi Ilir-Banyuasin-Foto: google/net-

Jarang Diketahui! Peran Penting Sekayu dalam Perjalanan Panjang Pembentukan Kabupaten Musi Ilir-Banyuasin


SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Sekayu Sebuah daerah tidak akan pernah lepas dari kisah sejarah yang menjadi pondasi eksistensinya.

Begitu pula dengan Kabupaten Musi Ilir-Banyuasin (Muba) di Sumatera Selatan, yang memiliki jejak sejarah yang penting dalam proses pembentukan wilayah ini.

Salah satu elemen yang jarang diketahui adalah peran Sekayu, sebuah kota kecil yang menjadi pusat pengambilan keputusan dalam perjalanan panjang menuju pembentukan Kabupaten Musi Ilir-Banyuasin.

Proses pembentukan sebuah kabupaten otonom adalah pencapaian administratif yang kompleks dan melibatkan banyak pihak yang berkomitmen.

Sebelum kita memahami peran Sekayu dalam pembentukan Kabupaten Muba, mari kita melihat lebih dekat sejarah dan konteks dari proses tersebut.

BACA JUGA:Keker! Jejak Kepemimpinan Awal Musi Ilir-Banyuasin: Sosok Penting di Balik Pembentukan Arah & Visi, Simak Yuk!

Latar Belakang Sejarah Kabupaten Musi Ilir-Banyuasin

Pada tahun 1956, Kabupaten Musi Ilir-Banyuasin secara resmi terbentuk dengan ibukota di Sekayu.

Namun, pencapaian ini tidak datang begitu saja.

Proses pembentukan kabupaten ini dimulai jauh sebelum tanggal resmi pembentukan.

Pada tahun 1951, Gubernur Kepala Daerah Propinsi Sumatera mengeluarkan Surat Instruksi Kebijasanaan yang memberikan arahan terkait persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi untuk membentuk kabupaten otonom di wilayah tersebut.

Beberapa kriteria yang harus dipenuhi termasuk jumlah penduduk yang memadai, keberadaan daerah pertanian bahan makanan dan hasil bumi ekspor, pusat-pusat perdagangan atau pelabuhan, perhubungan yang memadai baik darat maupun air, serta hubungan sejarah dan pertalian darah antara rakyat setempat.

BACA JUGA:WOW! Jejak Pembentukan Musi Ilir-Banyuasin: Kisah Lahirnya Daerah Muba & Perjalanan Epik menuju Ibukota Sekayu

Semua persyaratan ini harus terpenuhi sebelum wilayah ini bisa menjadi kabupaten otonom.

Sekayu: Nucleus Proses Pembentukan

Sekayu, sebuah kota kecil yang berlokasi di wilayah Kabupaten Musi Ilir-Banyuasin, memegang peran yang sangat penting dalam perjalanan menuju pembentukan kabupaten ini.

Kota ini adalah pusat pemerintahan dan pengambilan keputusan yang sangat strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: