Ragu Penurunan Inflasi, The Fed Cari Ketegasan Lewat Kebijakan Moneter

Ragu Penurunan Inflasi, The Fed Cari Ketegasan Lewat Kebijakan Moneter

Jerome Powel, The Fed-Foto : Net-

SUMEKSRADIONEW.ONLINE-Para pejabat Federal Reserve AS terdorong melambatnya laju inflasi. Namun tidak yakin mereka telah mencapai sikap untuk mengembalikan inflasi ke target The Fed sebesar 2%, dan mereka menyatakan “tidak akan ragu” untuk melakukan pengetatan lebih lanjut jika diperlukan. Demikian dinyatakan ketua The Fed Jerome Powell belum lama ini dalam pidatonya di hadapan Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington, D.C., Amerika Serikat.

 

Dalam pidato yang telah disiapakan, Powell menyatakan Komite Pasar Terbuka Federal berkomitmen untuk mencapai kebijakan moneter yang cukup ketat untuk menurunkan inflasi hingga 2 persen seiring berjalannya waktu. “Kami tidak yakin bahwa kami telah mencapai sikap seperti itu,” katanya.

 

Powell mengatakan, inflasi berada “jauh di atas” yang diharapkan oleh The Fed dan menggambarkan kebijakannya sebagai “sangat membatasi.”

 

“Saya dan rekan-rekan saya merasa bersyukur dengan kemajuan ini, namun kami memperkirakan bahwa proses untuk menurunkan inflasi secara berkelanjutan hingga 2 persen masih memerlukan perjalanan panjang,” ujarnya.

BACA JUGA:Indeks Bisnis-27 Berakhir Menguat, Didorong oleh Saham MTEL, BRPT, dan INKP

“Kami akan terus melakukan hal ini sampai kami berhasil,” tegasnya kemudian, seraya mengatakan bahwa The Fed fokus pada apakah suku bunga perlu dinaikkan dan berapa lama suku bunga perlu tetap tinggi.

 

Powell menekankan bahwa The Fed tetap harus berhati-hati karena risiko antara melakukan terlalu banyak dan terlalu sedikit sudah semakin seimbang. Dia mengatakan The Fed selaras dengan kenaikan imbal hasil Treasury.

 

“Jika diperlukan pengetatan kebijakan lebih lanjut, kami tidak akan ragu untuk melakukannya,” katanya. “Namun, kami akan terus bergerak dengan hati-hati, sehingga memungkinkan kami mengatasi risiko dipengaruhi oleh data beberapa bulan yang bagus, dan risiko pengetatan yang berlebihan.”

BACA JUGA:Ibu Perlu Lakukan Ini untuk Mengatasi Harga Cabai yang Makin Pedas, Tetap Ada di Dapur!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: