Bukan Ampera, Tetapi di Palembang! Kenali Jembatan Terpanjang di Indonesia, Kokoh & Megah, Ini Dia!

Bukan Ampera, Tetapi di Palembang! Kenali Jembatan Terpanjang di Indonesia, Kokoh & Megah, Ini Dia!

Jembatan Musi 5," yang dianggap sebagai jembatan terpanjang di Indonesia-Foto: google/net-

Bukan Ampera, Tetapi di Palembang! Kenali Jembatan Terpanjang di Indonesia, Kokoh & Megah, Ini Dia!

 

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Pembangunan infrastruktur jalan tol di Pulau Sumatera saat ini tidak hanya menjadi simbol kemajuan tetapi juga menjadi tantangan yang menguji kreativitas dan ketangguhan teknologi.

Salah satu proyek paling mengesankan yang sedang berlangsung adalah pembangunan "Jembatan Musi 5," yang dianggap sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan megah ini menjadi bagian integral dari pembangunan ruas tol Kayu Agung - Palembang Betung di Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam upaya menyelesaikan proyek tersebut, pemerintah berhadapan dengan sejumlah tantangan yang memerlukan solusi inovatif.

Sebagaimana dilaporkan oleh HarianHaluan.com dari YouTube @UlielAhmed, pembangunan enam ruas tol baru di Pulau Sumatera dijadwalkan akan selesai pada akhir tahun 2023.

BACA JUGA:Kisah Asal Usul Nama Muara Telang Banyuasin, Perjuangan Pasukan Kerajaan Sriwijaya ada Disini ! Mari Cek Yuks

Tantangan utama yang dihadapi adalah berbagai jenis tanah seperti tanah rawa dan tanah gambut, serta sungai-sungai besar yang melintasi wilayah tersebut.

Oleh karena itu, untuk melintasi rintangan-rintangan tersebut, diperlukan pembangunan jembatan yang mampu menghadapi kondisi lingkungan yang berat.

Jembatan Musi 5, yang saat ini dalam tahap pembangunan oleh Pemerintah Tengah, memiliki panjang mencengangkan sekitar 1,7 kilometer.

Jembatan ini menjadi bagian penting dari ruas tol Kayu Agung - Palembang Betung, menghubungkan dua kota strategis, Palembang dan Betung.

Tahap pertama pembangunan, mulai dari Kayu Agung hingga karamasan, telah selesai pada tahun 2020.

BACA JUGA:Kisah Sayembara dan Pangeran Tampan dalam Legenda Kerajaan dan Putri Biyuku Banyuasin, Zalim Sang Raja !

Sementara itu, tahap kedua sedang dalam proses dan fokus pada pembangunan jembatan Musi 5 untuk menghubungkan dua kota tersebut.

Keunikan dari Jembatan Musi 5 terletak pada metode konstruksinya.

Dengan menggunakan metode Balance, jembatan ini dibangun pada bagian atas Sungai Musi tanpa memerlukan penahan atau sokongan di bagian bawahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: