Mitos atau Fakta! Main HP Saat Hujan Deras akan Disambar Petir, Mari Kita Cek Langsung !

Mitos atau Fakta! Main HP Saat Hujan Deras akan Disambar Petir, Mari Kita Cek Langsung !

Main HP Saat Hujan Deras akan Disambar Petir, Mari Kita Cek Langsung !--

Dikutip dari laman AccuWeather, Jensenius menyatakan bahwa petir tidak akan menyambar HP.

BACA JUGA:Tahun Baru HP Ganti Baru! Ini Nih Harga Oppo Reno 8 5G Terbaru Spesial Untukmu, Ada Yang 2 Jutaan Disini !

Jika seseorang terkena petir dan membawa HP, HP tersebut mungkin akan meleleh atau terbakar, tetapi bukan karena tersambar petir.

Menurutnya, kesalahan pemahaman ini muncul karena orang cenderung mengaitkan HP dengan sambaran petir tanpa adanya keterkaitan nyata di antara keduanya.

Daya Tarik Petir pada HP

Diketahui bahwa HP merupakan perangkat dengan daya rendah dan tidak memiliki karakteristik yang cukup mampu untuk menarik sambaran petir.

BACA JUGA:Xiaomi 13 Pro: Mengungkap Kehebatan Smartphone Flagship Terbaru yang Mengejutkan!

Australian Mobile Technology Association (AMTA) menjelaskan bahwa meskipun ada spekulasi bahwa HP dapat meningkatkan risiko tersambar petir karena petir tertarik pada logam, jumlah logam yang terkandung dalam telepon genggam tidak cukup signifikan untuk menimbulkan bahaya.

Berbeda dengan telepon rumah yang terhubung dengan kabel hingga keluar, HP tidak memiliki jalur yang dapat diikuti petir.

Oleh karena itu, risiko tersambar petir saat menggunakan HP di luar ruangan sangat rendah.

Faktanya, petir lebih berpotensi menyambar seseorang ketika berada di lokasi tertentu, seperti daerah terbuka, area dengan tanah tinggi, dekat air, menara seluler, bangunan logam besar, atau pohon.

BACA JUGA:Xiaomi 13 Pro: Meningkatkan Kemahiran Ponsel dengan Kehebatan 120W dan Ajaibnya MIUI!

Kewaspadaan Tetap Diperlukan

Meskipun main HP saat hujan petir tidak berbahaya secara langsung, bukan berarti pengguna dapat mengabaikan faktor keselamatan.

Menjaga jarak dari tempat yang berpotensi menjadi sasaran petir, seperti daerah terbuka atau dekat dengan struktur logam besar, tetap merupakan langkah penting dalam menjaga keselamatan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: