Digitalisasi UMKM Memiliki Realitas Tak Terbendung di Era Marketplace!

Kamis 16-01-2025,14:00 WIB
Reporter : Junita Sabrina
Editor : Junita Sabrina
Digitalisasi UMKM Memiliki Realitas Tak Terbendung di Era Marketplace!

Beberapa di antaranya meliputi:

Akses Teknologi yang Terbatas

Banyak UMKM di daerah terpencil masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan akses internet yang stabil dan terjangkau.

Literasi Digital yang Rendah

Sebagian pelaku UMKM masih belum memahami cara memanfaatkan teknologi dan platform digital secara efektif.

Persaingan di Marketplace

Kehadiran banyak pelaku usaha di marketplace membuat kompetisi semakin ketat, terutama untuk menarik perhatian konsumen.

Kendala Modal

Investasi untuk membangun infrastruktur digital, seperti toko online dan iklan, sering kali menjadi hambatan bagi UMKM dengan modal terbatas.

BACA JUGA:Ini Lho Strategi BNI Dorong UMKM Indonesia Tembus Pasar Global Melalui Diaspora Loan!

BACA JUGA:Wow! Anggaran Rp 71 Triliun untuk MBG: Transparansi & Efisiensi Pengelolaan Dana untuk Sejaterah Rakyat!

Strategi Meningkatkan Digitalisasi UMKM

Untuk membantu UMKM menghadapi tantangan tersebut, pemerintah dan berbagai pihak telah mengambil sejumlah langkah strategis:

Pelatihan dan Pendampingan Digital

Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan berbagai platform marketplace untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. 

Pelatihan ini meliputi pembuatan konten, pengelolaan toko online, hingga strategi pemasaran digital.

Kategori :