Dari Dapur Kecil ke Pasar Luas: Perjalanan Inspiratif Suhartini Bersama BRI dalam Membangun Tien Cakes and Coo

Minggu 13-04-2025,13:31 WIB
Reporter : Nuri Fransisca
Editor : Nuri Fransisca

Awalnya, Tien Cakes and Cookies hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut.

Kini, Suhartini telah memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook, serta berbagai platform marketplace untuk memasarkan produknya.

“Dulu penjualan masih terbatas. Tapi sejak aktif di media sosial dan marketplace, pesanan mulai berdatangan dari berbagai daerah.

BACA JUGA:Cek Yuk! Toko Online Produk Daur Ulang: Tren Ramah Lingkungan yang Semakin Diminati Konsumen!

BACA JUGA:Yuk Mengenal Program UMKM BISA Ekspor: Siap Go Global dengan Inovasi dan Adaptasi Lho!

Peningkatan omzet sangat terasa,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Suhartini juga aktif mengikuti berbagai pelatihan dan program pemberdayaan UMKM.

Salah satu pengalaman paling berkesan adalah saat mengikuti BRI UMKM EXPO(RT) 2025, ajang tahunan yang digelar oleh Bank Rakyat Indonesia sebagai bagian dari komitmennya untuk mengangkat potensi UMKM lokal ke level yang lebih tinggi.

Melalui acara tersebut, Suhartini tidak hanya mendapatkan ilmu baru tentang manajemen bisnis dan keuangan, tetapi juga kesempatan untuk membangun jaringan bisnis dengan pelaku UMKM lainnya dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Inilah Strategi Omnichannel untuk UMKM: Integrasi Online-Offline Tanpa Ribet demi Tingkatkan Penjualan Lho!

BACA JUGA:Buruan Cek! Inilah Agensi Konten Digital: Bisnis Kreatif yang Kini Jadi Andalan Brand UMKM di Era Digital!

Pengalaman ikut EXPO(RT) sangat membuka wawasan saya. Banyak ilmu baru dan relasi yang saya dapatkan. Ini jadi momen penting dalam perkembangan usaha saya,” tambahnya.

Sebagai informasi, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang diselenggarakan di ICE BSD City pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 berhasil mencatatkan lebih dari 69 ribu pengunjung.

Tidak hanya itu, total transaksi mencapai lebih dari Rp40 miliar dan kontrak ekspor senilai USD 90,6 juta atau setara Rp1,5 triliun berhasil direalisasikan, menunjukkan potensi besar dari UMKM Indonesia di mata dunia.

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menyatakan bahwa BRI terus berkomitmen untuk mendorong kemajuan UMKM di Indonesia.

BACA JUGA:Berkat Pemberdayaan BRI, Pengusaha UMKM Asal Sidoarjo Ini Sukses Tembus Pasar Ekspor dan Raup Ratusan Juta

Kategori :