Ini bisa dimanfaatkan untuk memperkuat kemampuan dan jaringan UMKM.
BACA JUGA:Defria Kirana Ceritakan Perjalanan Haluan Bali Setelah Mengikuti UMK Academy!
Potensi Produk Unggulan UMKM untuk Diekspor
Beberapa sektor UMKM yang dinilai memiliki potensi besar untuk ekspor ke Tiongkok, AS, dan India antara lain:
Produk Makanan dan Minuman (F&B): Kopi, teh herbal, makanan ringan, rempah, dan makanan instan.
Produk Kerajinan dan Tekstil: Batik, tas anyaman, aksesoris handmade, home decor.
Kosmetik dan Produk Kesehatan Alami: Skincare berbasis bahan herbal Indonesia.
Produk Fashion Muslim dan Modest Wear yang sedang naik daun di pasar India dan komunitas Muslim di AS.
Masa Depan Ekspor UMKM: Optimisme dan Tantangan
Dengan tren global yang semakin terbuka terhadap produk lokal dan ramah lingkungan, UMKM Indonesia memiliki peluang besar untuk tampil di panggung dunia.
Dukungan kebijakan yang tepat, pelatihan berkelanjutan, dan kemauan untuk terus belajar adalah kunci agar UMKM bisa naik kelas dan menjadi pemain ekspor andalan.
Pasar Tiongkok, AS, dan India mungkin terlihat jauh, tapi dengan strategi yang tepat, bukan mustahil produk UMKM dari pelosok Indonesia bisa menjadi primadona di rak-rak toko luar negeri.