Cek Yuk! Checklist Strategi Marketing UMKM 2025: 7 Langkah untuk Meningkatkan Penjualan!

Selasa 15-04-2025,15:30 WIB
Reporter : Junita Sabrina
Editor : Junita Sabrina

Checklist:

Akun media sosial aktif dan update minimal 3 kali seminggu?

Sudah pernah menggunakan fitur Iklan (Facebook Ads, TikTok Ads, dll)?

4. Gunakan Marketplace dan Website sebagai Kanal Penjualan

Tak cukup hanya promosi, Anda harus menyediakan tempat untuk pelanggan membeli dengan mudah. 

Di sinilah peran marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan juga website pribadi sangat penting. 

Website bisa menjadi pusat informasi sekaligus toko online yang memperkuat brand dan kepercayaan.

Checklist:

Produk sudah tersedia di marketplace populer?

BACA JUGA:Ini Dia! Business Matching Kemendag: Strategi Jitu UMKM Tembus Pasar Ekspor!

BACA JUGA:Yuk Mengenal Program UMKM BISA Ekspor: Siap Go Global dengan Inovasi dan Adaptasi Lho!

Memiliki website atau landing page dengan informasi lengkap?

5. Lakukan Kolaborasi Strategis

Kolaborasi adalah strategi cerdas untuk memperluas jangkauan pasar. 

UMKM bisa berkolaborasi dengan influencer lokal, brand lain yang saling melengkapi, atau bahkan dengan komunitas. 

Kolaborasi bisa meningkatkan eksposur tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk promosi.

Kategori :