Cek Yuk! Checklist Strategi Marketing UMKM 2025: 7 Langkah untuk Meningkatkan Penjualan!

Selasa 15-04-2025,15:30 WIB
Reporter : Junita Sabrina
Editor : Junita Sabrina

Checklist:

Sudah pernah berkolaborasi dengan influencer atau UMKM lain?

Menyusun rencana campaign kolaboratif bulanan?

BACA JUGA:Dari Dapur Kecil ke Pasar Luas: Perjalanan Inspiratif Suhartini Bersama BRI dalam Membangun Tien Cakes and Coo

BACA JUGA:Dari Dapur Kecil ke Pasar Luas: Perjalanan Inspiratif Suhartini Bersama BRI dalam Membangun Tien Cakes and Coo

6. Bangun Database Pelanggan untuk Promosi Berulang

Customer retention lebih murah daripada akuisisi pelanggan baru. 

UMKM perlu membangun database pelanggan, baik melalui email, WhatsApp, atau aplikasi loyalty. 

Ini penting untuk melakukan promosi berulang, launching produk baru, hingga pemberian diskon khusus pelanggan setia.

Checklist:

Mengumpulkan nomor WA/email pelanggan secara rutin?

Sudah menggunakan tools CRM atau broadcast pesan berkala?

7. Evaluasi dan Optimalkan Strategi Secara Berkala

Langkah terakhir yang tak boleh diabaikan adalah evaluasi. 

UMKM perlu rutin mengevaluasi performa penjualan, respons audiens, hingga ROI dari strategi marketing yang diterapkan. 

BACA JUGA:Inilah Strategi Omnichannel untuk UMKM: Integrasi Online-Offline Tanpa Ribet demi Tingkatkan Penjualan Lho!

Kategori :