Ternyata WhatsApp dan Email Marketing Memiliki Senjata Ampuh Menjaga Pelanggan Setia UMKM Lho!

Jumat 18-04-2025,15:30 WIB
Reporter : Junita Sabrina
Editor : Junita Sabrina

BACA JUGA:BRI Buka Jalan UMKM Go Global: 20 UMKM Binaan Tampil di FHA-Food & Beverage 2025 Singapura

Gunakan email marketing platform gratis atau berbayar yang sesuai kebutuhan.

Rancang konten copywriting yang persuasif dan humanis.

Segmentasikan audiens berdasarkan minat atau histori pembelian.

Lakukan uji coba A/B testing untuk mengetahui strategi paling efektif.

Tindak lanjuti pesan promosi dengan layanan yang cepat dan ramah.

Evaluasi dan sesuaikan strategi secara berkala.

Komunikasi yang Konsisten adalah Kunci

Dengan modal teknologi yang semakin terjangkau, WhatsApp dan email marketing bukan lagi milik perusahaan besar. 

BACA JUGA:Sekarang di Era Digital Bisa Diriin Bisnis Kreatif Loh yang Kini Jadi Andalan Brand UMKM di Era Gen Z!

BACA JUGA:BRI Kembali Harumkan Nama Indonesia: Layanan Wealth Management Raih Pengakuan Internasional dari Euromoney

UMKM pun bisa memanfaatkannya untuk menjangkau pelanggan secara efektif, murah, dan efisien. 

Yang dibutuhkan hanyalah konsistensi dalam komunikasi dan keberanian mencoba pendekatan baru.

Kini saatnya UMKM Indonesia naik kelas, tidak hanya karena produk yang bagus, tapi juga karena mampu membangun hubungan kuat dengan pelanggan lewat strategi digital yang tepat guna. 

WhatsApp dan email marketing adalah dua alat sederhana namun berdampak besar jika digunakan dengan cerdas dan kreatif.

Kategori :