Lewat Program Pemberdayaan BRI, Couplepreneur Sukses Bawa Kerajinan “Craftote” Tembus Pasar Asia dan Amerika

Selasa 08-07-2025,09:35 WIB
Reporter : hellen
Editor : hendri

BACA JUGA:UMKM Kuliner Binaan BRI Sukses Ekspansi Pasar Internasional, Ikuti Tren dan Kebutuhan Pasar

“Kami awalnya berpikir bahwa bisnis itu sekadar produksi dan jualan.

Namun, sejak mengikuti kelas di Rumah BUMN, kami belajar banyak tentang bagaimana menjalankan bisnis secara profesional—dari business matching, pencatatan keuangan, efisiensi produksi, hingga strategi bisnis melalui business model canvas.

Pandangan kami tentang bisnis berubah total. Kami jadi paham pentingnya membangun fondasi usaha yang kuat agar bisa bertahan dalam jangka panjang,” ungkap Thio.

Tak berhenti di situ, Craftote semakin aktif mengikuti berbagai program pemberdayaan dan pengembangan UMKM yang diselenggarakan BRI.

BACA JUGA:Klaster Susu di Ponorogo Tingkatkan Produksi, Dapatkan Dukungan Pembiayaan dan Transaksi dari BRI

BACA JUGA:Kembali Bersinar di Panggung Internasional, BRI Borong 15 Penghargaan Bergengsi di Ajang FinanceAsia 2025

Salah satunya adalah BRI UMKM EXPO(RT) 2025 dan BRI Incubator.

Program-program ini memberikan manfaat nyata bagi Craftote, bukan hanya dalam bentuk pelatihan, tetapi juga akses pasar yang lebih luas, termasuk peluang untuk menjangkau pembeli internasional.

Dukungan yang diberikan BRI dalam bentuk pelatihan, pembinaan, dan pembukaan akses ke pasar ekspor menjadi faktor penting yang memperkuat posisi Craftote di industri kreatif.

Dengan bekal keterampilan baru dan jejaring yang lebih luas, kini Craftote mulai menargetkan pasar Eropa sebagai langkah ekspansi berikutnya.

BACA JUGA:Nasabah BRI Prabumulih Nikmati Kemudahan dan Keuntungan Melalui Aplikasi BRImo

BACA JUGA:Lewat Program Desa BRILiaN, BRI Dorong Terwujudnya Desa Wisata Sebagai Destinasi Unggulan Daerah

Meski fokus pada pengembangan bisnis, Thio dan Rika tetap menempatkan kontribusi sosial sebagai bagian penting dari misi mereka.

Craftote aktif memberdayakan kelompok marginal, termasuk anak-anak panti asuhan dan pemuda-pemudi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki keterbatasan akses pendidikan formal.

Mereka diberikan pelatihan keterampilan dasar kewirausahaan dan barista, membuka jalan menuju kemandirian ekonomi.

“Bagi kami, keberhasilan usaha seharusnya berjalan beriringan dengan kontribusi sosial yang nyata.

Kami ingin lebih banyak orang bisa tumbuh dan berkembang bersama Craftote,” tegas Thio.

BACA JUGA:AgenBRILink Jadi Jalan Pemuda Ini Kembangkan Usaha hingga Ciptakan Lapangan Kerja di Kolaka

BACA JUGA:BRI Fokuskan Langkah Transformasi di Seluruh Aspek untuk Mewujudkan Pertumbuhan Berkelanjutan

Komitmen Craftote terhadap pemberdayaan masyarakat sejalan dengan semangat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, yang terus mendorong UMKM naik kelas melalui berbagai program.

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menyatakan bahwa kisah sukses Craftote merupakan cerminan nyata dari hasil pendampingan BRI yang berkesinambungan.

“BRI berkomitmen untuk menjadi mitra pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia.

Kategori :