Innova Reborn 2026 XE 2.8 Diesel: Varian Termurah, Mesin Terbuas! Worth It Banget?

Innova Reborn 2026 XE 2.8 Diesel: Varian Termurah, Mesin Terbuas! Worth It Banget?

Innova Reborn 2026 XE 2.8 Diesel: Varian Termurah, Mesin Terbuas! Worth It Banget?gbr.google--

SUMEKSRADIONEWS.ONLINE - Toyota diam-diam menyiapkan kejutan untuk pecinta MPV diesel: Innova Reborn 2026 tipe XE 2.8 Diesel. Meski posisinya berada di bawah tipe G, mobil ini justru membawa mesin paling besar dan paling bertenaga yang pernah dipasang di Innova generasi Reborn. Hasilnya? Sebuah MPV keluarga yang rasa tarikannya setara SUV ladder frame.

Menariknya lagi, tipe XE ini dijual dengan harga jauh lebih rendah ketimbang tipe G, tapi tetap dibekali jantung pacu yang jauh lebih superior.

Jadi… apakah varian ini justru menjadi hidden gem Innova Reborn? Mari kita bahas.

BACA JUGA:Inilah Sang Raja! Mengungkap Rahasia Abadi Toyota Kijang Innova Reborn Mengapa Ia Tetap Tak Tergantikan

BACA JUGA:Harga Kijang Innova Reborn Bekas Terkini 2025, Tetap Tinggi, Masih Jadi Primadona Pasar Mobil Keluarga

1. Mesin 2.8 Diesel: Jantung Fortuner di Tubuh Innova

Ini bagian paling gila sekaligus paling menarik dari tipe XE.

Toyota memasang mesin yang sama dengan Fortuner 2.8 Diesel:

  • Kapasitas mesin: 2.755 cc
  • Tenaga maksimal: 174 PS
  • Transmisi: 6-speed Automatic Transmission (AT)

Artinya, tipe XE membawa mesin yang lebih besar, lebih bertenaga, dan transmisinya lebih modern dibanding Innova Reborn 2.4G di Indonesia yang hanya punya 5-speed AT.

Untuk kelas MPV keluarga, tarikan mesin 2.8 liter jelas terasa lebih galak, lebih effortless saat menyalip, dan jauh lebih nikmat untuk tanjakan panjang.

BACA JUGA:Update Harga Toyota Kijang Innova Reborn 2025 Desember: Lebih Mahal, tapi Tetap Jadi Primadona!

BACA JUGA:Innova Reborn 2025 Resmi Naik Kelas! Desain Mewah, Mesin Hybrid, Fitur TSS Siap Bikin Kompetitor Panas Dinngin

2. Fitur Standar, Tapi Tidak Murahan

Sebagai varian paling bawah, Toyota membuat tipe ini sesederhana mungkin.

Namun bukan murahan, sekadar dipangkas fitur supaya harganya masuk akal.

Yang masih standar:

  • Velg kaleng (steel wheel) Ring 16
  • Lampu halogen
  • Jok fabric warna hitam
  • Pengaturan kursi manual
  • Tidak ada ambient light
  • Layout interior persis tipe G

Meski sederhana, kabinnya tetap nyaman khas Innova: suspensi lembut, posisi duduk enak, dan dimensi lapang.

BACA JUGA:Perbandingan Lengkap Kijang Innova Reborn G Diesel: Model Lama vs Improvement 2025/2026

BACA JUGA:Innova Reborn Diesel 2026 Semakin Galak! Rasio Final Drive Baru Bikin Responsif tapi… Ada Konsekuensinya

3. Harga Jauh Lebih Murah dari Tipe G

Untuk sementara Harga yang terdapat dari review di video:

Harga Innova Reborn XE 2.8 Diesel: ± Rp350 jutaan

Sementara

Harga Innova Reborn G Diesel AT Indonesia: ± Rp437 juta

Ada selisih hampir Rp80 jutaan.

Reviewer bahkan menyarankan:

Daripada beli tipe G 2.4 AT, lebih baik XE 2.8 Diesel lalu ganti velg & upgrade sedikit. Tetap lebih murah, performa jauh lebih sadis.

4. Kesimpulan: Varian Buas yang Menyamar Sebagai Varian “Low”

Tipe XE 2.8 Diesel adalah definisi mobil yang merendah untuk menggila.

BACA JUGA:Innova Reborn Diesel Lebih Irit Dibanding Isuzu Panther Grand Touring: Selisih 1–2 Km/L dalam Pemakaian Campur

BACA JUGA:Lebih Tahan Harga! Innova Reborn Unggul Jauh dari Isuzu Panther di Akhir 2025

Kalau kamu mencari:

  • Tenaga besar
  • Konsumsi irit ala mesin GD Engine
  • Transmisi lebih modern
  • Harga lebih masuk akal

Maka XE 2.8 ini bisa jadi varian Reborn paling worth it yang pernah dirilis.

 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: